Haikou, China (ANTARA/PRNewswire)- Artikel berita dari Hainan International Media Center (HIMC):

Provinsi Hainan, Tiongkok Selatan, terus meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan Singapura dengan menggelar ajang promosi Hainan Free Trade Port (FTP), serta kegiatan kerja sama lain di negara-kota tersebut pada 22-25 November.

Di ajang promosi Hainan FTP yang berlangsung pada 23 November ini, lima kontrak proyek penting turut diresmikan. Kelima proyek ini bergerak di sektor keuangan, perdagangan, jasa, dan industri lain. Di sisi lain, provinsi kepulauan ini segera mendirikan kantor perwakilan Dinas Pembangunan Ekonomi Internasional di Singapura guna memfasilitasi kerja sama energi hijau, bersih, dan rendah karbon.

Dalam beberapa hari terakhir, Hainan juga menjajaki peluang kerja sama dengan beberapa perusahaan terkemuka di Singapura, termasuk Temasek Holdings, CapitaLand Group, Changi Airports International, Wilmar International, PSA International (pemimpin industri global dalam segmen bisnis pelabuhan dan terminal), Mandai Wildlife Group, serta Koufu Group (merek unggulan yang dikenal akan kafetaria).

Guna mempererat kerja sama, Hainan ingin mempelajari pengalaman Singapura sebagai negara yang mengutamakan perkembangan sektor jasa di sembilan kawasan perdagangan bebas. Dengan memanfaatkan daya saing dari kebijakan kondusif, sumber daya alam, dan iklim investasi di FTP, Hainan semakin mempererat kerja sama dengan Singapura di sejumlah sektor, seperti industri rendah karbon, ekonomi bandara, ekonomi digital, layanan kesehatan, perdagangan & investasi bilateral, serta pembangunan kawasan industri.

Pada Juni 2020, pihak berwenang di Tiongkok merilis rencana induk pembangunan Hainan FTP sebagai proyek unggulan dan pintu gerbang penting dalam kelanjutan kebijakan pintu terbuka Tiongkok pada era baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hainan dan Singapura telah menjalin kerja sama ekonomi, perdagangan, dan kebudayaan yang kian aktif. Investasi Singapura di Hainan bahkan berkontribusi sebesar 90% dari investasi total ASEAN di provinsi kepulauan tersebut. Di sisi lain, porsi investasi Hainan di Singapura mencapai setengah dari nilai investasi total Hainan di ASEAN.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023