Fitur ‘E-Samsat’ Tokopedia mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur pada peringatan HUT ke-61 Bapenda Jatim sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor

Jawa Timur (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menobatkan Tokopedia sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur pada pada peringatan HUT ke-61 Bapenda Jatim (24/11/2023). Foto pemberian penghargaan terlampir. Penghargaan ini diberikan karena tingginya kontribusi nominal dan jumlah transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Tokopedia di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, “Pajak merupakan instrumen penting bagi pembangunan sebuah negara, maka kami mengapresiasi Tokopedia yang selama ini menyediakan layanan online untuk mempermudah warga Jatim membayar pajak kendaraan bermotor. Lewat layanan online pembayaran pajak, seperti yang ditawarkan Tokopedia, diharapkan akan makin banyak lagi masyarakat yang bisa menunaikan kewajiban pajak dengan lebih mudah. Bersama-sama kita tingkatkan penerimaan daerah dan berkontribusi pada pembangunan nasional.”

Fitur E-Samsat di Tokopedia yang memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor secara online mulai diperkenalkan pada tahun 2019. Fitur tersebut kini sudah bisa digunakan masyarakat di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Timur. Pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online lewat fitur E-Samsat di Tokopedia meningkat signifikan dari waktu ke waktu.

Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Hilmi Adrianto, menjelaskan, “Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur melalui Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan 2022. Artinya, animo masyarakat dalam menunaikan kewajiban perpajakan makin tinggi. Kami mengapresiasi kepercayaan warga Jatim yang bersedia membayar pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia. Kepercayaan tersebut membawa kami mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai kanal online terbaik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.”

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur yang sudah memberikan penghargaan ini kepada Tokopedia dan terus mempererat kolaborasi untuk menghadirkan layanan publik. Penghargaan ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus mempermudah masyarakat mengakses layanan publik lewat pemanfaatan teknologi,” tambah Hilmi.

Fitur E-Samsat–yang memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor secara online–dapat diakses melalui Loket Pajak Tokopedia dengan cara:
 1. ketik ‘Loket Pajak Tokopedia’ di kolom pencarian aplikasi atau situs Tokopedia,
 2. pilih ‘E-Samsat’,
 3. pilih wilayah, masukkan kode bayar, dan klik ‘Cek Tagihan’, serta
 4. pilih metode pembayaran sesuai preferensi lalu lakukan pembayaran sesuai metode pilihan.
Jika pembayaran berhasil, pengguna akan mendapatkan bukti pembayaran melalui email yang bisa dipakai sebagai salah satu dokumen pelengkap untuk digunakan pada proses pengesahan STNK. Hingga 28 Desember 2023, masyarakat bisa memakai kode promo PKBJATIM untuk mendapatkan cashback saat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur lewat Tokopedia

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023