Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan diberi sumbangan uang receh untuk dana perjuangan Pilpres 2024 oleh warga Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa.
 
Setelah selesai melakukan orasi atau menyampaikan visi dan misinya saat menjadi presiden, Anies diberi sumbangan uang atau 'kencleng' oleh warga sebagai bentuk dukungan untuk berjuang mewujudkan harapan masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta Utara.
 
Sumbangan uang yang didominasi pecahan uang kertas Rp2 ribu, Rp5 ribu, dan Rp10 ribu itu diberikan oleh Margono selaku Ketua Panitia Kampanye Perdana di wilayah tersebut kepada Tim Nasional AMIN dan disaksikan oleh Anies.
 
"Ini kami berikan sebagai bentuk partisipasi masyarakat mendukung bapak menjadi presiden," kata Margono.
 
Anies yang menyaksikan lantas mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan tersebut.
 
"Saya mohon doanya pada semua, perjalanan ini adalah perjalanan panjang, nanti pada 14 Februari 2024 bangsa Indonesia punya kesempatan menentukan arah baru. Saat itu hanya lima jam mulai dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang. Lima jam itulah rakyat Indonesia menentukan nasibnya lima tahun ke depan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
Saat kampanye di hadapan ratusan relawan dan pendukung, Anies kembali menjanjikan sengketa lahan di Tanah Merah Jakut selesai saat terpilih menjadi presiden.
 
"Jadi sebagian dari kewenangan ada di pemerintah pusat terkait pertanahan terkait BUMN, jadi kami sampaikan sebagaimana kami mencari jalan keluar seperti di Jakarta dengan prinsip keadilan, besok pun (saat menjadi presiden) juga begitu," kata Anies.
 
Selama hampir satu jam di wilayah Utara ibukota tersebut, Anies bertemu dengan relawan dan masyarakat sekitar untuk saling bertukar sapa serta menyampaikan visi & misi jika terpilih nanti.
 
Diketahui, KPU RI pada Senin (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Jubir AMIN: Penguatan produksi dalam negeri jadi solusi pangan murah
Baca juga: Timnas AMIN masih membuka diri bagi relawan yang akan bergabung

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023