Kami mengimbau kepada pelanggan untuk merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket kereta.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember mencatat sebanyak 61.422 tiket kereta untuk masa angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sudah dipesan oleh konsumen di wilayah kerjanya sepanjang Kabupaten Banyuwangi hingga Pasuruan, Jawa Timur.

"Selama periode masa angkutan natal dan tahun baru yang ditetapkan mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 tercatat sebanyak 61.422 tiket kereta api telah dipesan untuk berbagai kota tujuan," kata Pelaksana Harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Anwar Yuli Prastyo, di Jember, Selasa.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket kereta untuk libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai tanggal 6 November 2023, dan pihak Daop 9 Jember menyediakan sebanyak 202.752 tempat duduk untuk libur panjang akhir tahun tersebut.

"Selama 18 hari masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, setiap harinya KAI Daop 9 Jember mengoperasikan sebanyak 20 perjalanan kereta api," ujarnya pula.

Menurutnya, tiket yang terjual sekitar 30 persen atau sebanyak 61.422 tiket kereta dari total sebanyak 202.752 tempat duduk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur menuju beberapa kota tujuan.

"Dari jumlah tersebut ada tiga KA yang menjadi favorit dan menjadi incaran oleh para penumpang, yakni KA Sritajung relasi Ketapang-Lempuyangan, KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng, dan KA Tawangalun relasi Ketapang-Malang Kota Lama," katanya pula.

Ia mengatakan dipilihnya ketiga kereta api itu oleh para penumpang kemungkinan karena harga tiket yang terjangkau dan menghubungkan beberapa daerah wisata di Jawa Timur.

Sedangkan untuk kereta api komersial, KA Pandalungan relasi Jember-Gambir masih banyak dipilih penumpang untuk bepergian baik untuk urusan bisnis ataupun liburan.

"Meskipun terjadi peningkatan animo penumpang pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KAI memastikan tarif tiket kereta api komersial masih sesuai dengan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditentukan," katanya lagi.

Ia menjelaskan masyarakat bisa memesan tiket kereta melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya, karena saat ini sudah jarang masyarakat yang datang ke loket stasiun untuk memesan tiket kereta untuk jadwal keberangkatan jauh-jauh hari ke depan.

"Kami mengimbau kepada pelanggan untuk merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket kereta, sehingga menjadikan perjalanan nyaman dan dapat menikmati setiap momen yang disuguhkan oleh kereta api," ujarnya lagi.
Baca juga: KAI Daop 9 Jember sediakan 432 tiket gratis untuk peserta Tajemtra
Baca juga: Sepekan, harga tiket kereta cepat Whoosh hingga insentif PPN rumah

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023