Jakarta (ANTARA/JACX) – Kualitas rumput di Jakarta International Stadium (JIS) kembali menjadi sorotan pascaduel perempat final Piala Dunia U 17 antara Timnas Brasil melawan Timnas Argentina, pada Jumat (24/11).

Pertandingan Brazil melawan Argentina tersebut harus tertunda selama 30 menit karena terdapat genangan air di lapangan setelah hujan deras.

Sebuah unggahan video di TikTok wawancara memperlihatkan Presiden FIFA, Gianni Infantino dan terdapat terjemahan dalam bahasa Indonesia di wawancaranya.

Dalam terjemahan tersebut, Gianni mengatakan bahwa ia kecewa karena lapngan stadion penyelenggara Piala Dunia tergenang air. Gianni juga mengatakan bahwa Indonesia tidak sukses menjadi penyelenggara Piala Dunia U-17 kali ini.

Berikut narasi terjemahan yang terdapat dalam video tersebut:

“Ini adalah pertandingan perempat final, kenapa bisa banjir seperti ini. Sungguh sangat memalukan dan saya sangat kecewa kepada ketua penyelenggara piala dunia ini. Lihat saja betapa kecewanya saya melihat stadion penyelenggara piala dunia kebanjiran seperti ini. Saya piker Indonesia tidak akan pernah pantas untuk menjadi tuan rumah piala dunia.”

Namun, benarkah Presiden FIFA marah karena JIS banjir dan sebut Indonesia tidak pantas adakan Piala Dunia?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Presiden FIFA marah karena JIS banjir, sebut Indonesia tidak pantas adakan Piala Dunia. Faktanya, terjemahan dalm video tidak sesuai yang sebenanrnya. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, terjemahan yang terdapat dalam video tersebut tidak sesuai dengan yang dibicarakan Gianni. Video tersebut serupa dengan unggahan YouTube Sky Sports News yang berjudul  “The future of African football is bright" - Gianni Infantino ahead of the AFCON final”.

Dalam video tersebut, Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan komentarnya jelang pertandingan AFCON final antara Senegal vs Mesir. Ia yakin pertandingan Piala Afrika antara Senegal dan Mesir – dan turnamen secara keseluruhan – akan meningkatkan sepakbola di Afrika.

Sehingga, narasi Presiden FIFA marah karena JIS banjir, sebut Indonesia tidak pantas adakan Piala Dunia merupakan keliru. 

Klaim: Presiden FIFA marah karena JIS banjir, sebut Indonesia tidak pantas adakan Piala Dunia

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! FIFA beri sanksi wasit final laga Piala AFF U-23

Cek fakta: Hoaks! FIFA putuskan final laga Piala AFF U 23 2023 diulang lagi

Baca juga: Pertandingan Brazil melawan Argentina tertunda selama 30 menit

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023