Saat ini masih ada pembangunan tujuh P2L lainnya sehingga, total nantinya ada 49 P2L tahun ini di Kota Madiun.
Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menambah Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di wilayahnya sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan sekaligus meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun Totok Sugiarto mengatakan, saat ini terdapat 42 P2L yang tersebar di berbagai wilayah kelurahan di Kota Madiun.

"Saat ini masih ada pembangunan tujuh P2L lainnya sehingga, total nantinya ada 49 P2L tahun ini di Kota Madiun," ujar Totok di Madiun, Selasa.

Baca juga: Pemkab Tangerang instruksikan ASN tanam cabai di pekarangan

Menurutnya, program pembangunan tujuh P2L tersebut mendapatkan bantuan dana dari APBN. Nilainya, Rp50 juta per P2L yang diserahkan langsung kepada petani atau kelompok P2L yang mengelola.

Dana bantuan itu masih ditambah Rp15 juta yang diberikan kepada DKPP setempat untuk membiayai pembinaan P2L.

Tujuh lokasi P2L tersebut berada di Kelurahan Ngegong, Rejomulyo, Mojorejo, Demangan, Kelun, Nambangan Lor, dan Sogaten.

Totok menjelaskan, bantuan Rp50 juta tersebut meliputi paket pekerjaan pembangunan "green house", sarana pembenihan, pembuatan demplot, pertanaman, dan sarana prasarana pasca-panen. Seperti, keranjang dan timbangan.

"Juga, diberikan paket benih sayuran berkualitas seperti kangkung, sawi, cabai, dan terong," katanya.

Totok mengungkapkan bahwa pembangunan P2L juga masih berlanjut tahun depan. Ada tambahan tujuh lokasi lagi yang didanai melalui APBN.

"Selain itu, dari APBD Kota Madiun, kami juga menyediakan pembinaan, monev, dan bantuan sarana prasarana P2L hingga pemasaran agar pengelola lebih semangat," katanya.

Baca juga: Pemprov Lampung intensifkan masyarakat tanam cabai di pekarangan

Ia menambahkan, dalam pembangunan penambahan P2L pihaknya berkoordinasi dengan kelurahan setempat. Kemudian, mendata lahan tidur milik Pemkot Madiun untuk ditanami serta melibatkan masyarakat sebagai pengelola.

"Selain menyediakan sayuran segar dan berkualitas, P2L bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk menambah pemasukan sehingga, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Madiun sekaligus pemenuhan kebutuhan pangan warga lokal pengelola," katanya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023