Vientiane (ANTARA) - Festival tahunan That Luang, yang berlangsung di ibu kota Laos, Vientiane, pada 23-27 November 2023, diselenggarakan dalam skala yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan peluncuran resmi kampanye promosi pariwisata Visit Laos Year 2024.

Visit Laos Year 2024, yang dimulai pada Kamis (23/11), diperkirakan dapat menciptakan suasana yang dinamis untuk stimulasi ekonomi. Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone mengatakan dalam upacara pembukaan bahwa pemerintah memandangnya sebagai acara penting dan bermakna, terutama setelah industri pariwisata terpuruk akibat pandemi COVID-19.
 
Orang-orang saling menyiram air untuk merayakan Festival Songkran, atau Tahun Baru Laos, di Luang Prabang, Laos, 14 April 2022. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane/Xinhua)


Menteri Informasi, Kebudayaan dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket mengatakan, "Visit Laos Year 2024 adalah salah satu program terpenting di Laos. Selain untuk mempromosikan pariwisata, program ini dimaksudkan untuk melestarikan seni, budaya dan tradisi negara serta memberikan informasi kepada pengunjung tentang sejarah panjang Laos dan pemanfaatan sumber daya alamnya secara berkelanjutan."   

Paviliun tersebut, yang menjadi sorotan utama dalam festival ini, menampilkan beragam model produk dan layanan yang tersedia di ibu kota Laos dengan tujuan menjangkau khalayak yang lebih luas untuk produk-produk buatan Laos, menurut Presiden Kamar Dagang dan Industri Vientiane Sangkhom Chansouk.

Pemerintah Laos memperkirakan akan menyambut sedikitnya 2,7 juta wisatawan asing tahun depan dan menghasilkan pendapatan sekitar 401 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.527). Sementara pada 2025, kunjungan wisatawan di negara itu diperkirakan mencapai 2,9 juta dan menghasilkan pendapatan sebesar 434 juta dolar AS.

Festival That Luang menghadirkan lebih dari 1.200 stan, yang didirikan di lapangan terbuka untuk menjual beragam jenis hasil pertanian, kerajinan tangan, dan barang-barang manufaktur dari banyak provinsi di seluruh negeri.
 
Foto udara yang diambil pada 7 November 2022 ini menunjukkan Stupa That Luang di Vientiane, Laos. Festival Luang, yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 November 2022, adalah salah satu festival keagamaan terpenting di Laos. (Xinhua/Kaikeo Saiyasane)   


Festival ini juga menampilkan beberapa fitur khusus termasuk di antaranya pertunjukan panggung dan kontes menyanyi. Sementara itu, barang-barang dari negara-negara seperti Vietnam, China dan Thailand juga dipamerkan dan dijual.

Festival That Luang adalah salah satu festival keagamaan terpenting di Laos, yang dirayakan oleh masyarakat Laos dari segala penjuru negara di Asia Tenggara itu. Kegiatan keagamaan utamanya meliputi prosesi kastil lilin tradisional dan pemberian sedekah. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023