Magelang (ANTARA) - Ratusan siswa mengikuti kegiatan gerakan "Minum Susu Bareng Pak Wali" di Gedung Olahraga Samapta, kompleks sport center Gelora Sanden, Kota Magelang.

Wali Kota Magelang M Nur Aziz di Magelang, Jawa Selasa, menjelaskan, gerakan minum susu ini merupakan upaya untuk menekan angka stunting dan kemiskinan di wilayahnya.

Peserta adalah siswa PAUD, TK dan kelas 1 SD se-Kota Magelang. Nantinya, gerakan ini akan dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Gerakan ini merupakan salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang untuk meningkatkan pemenuhan gizi, khususnya protein, kepada generasi emas. Sehingga diharapkan terbentuk generasi unggul dan berkualitas di masa depan.

"Ini salah satu upaya Pemkot Magelang untuk menurunkan angka stunting dengan minum susu bareng. Akan dilakukan terus-menerus, sudah dianggarkan di APBD Perubahan 2023 ini, nanti akan dilanjutkan sampai APBD penetapan 2024," jelasnya, usai kegiatan.

Aziz menyebutkan, gerakan minum susu bareng ini menyasar sekitar 6.000 siswa di Kota Magelang. Nantinya, program ini dilakukan setiap seminggu sekali untuk siswa tingkat PAUD, TK, dan SD secara gratis.

"Dengan minum susu diharapkan anak-anak mengurangi jajan," katanya.

Baca juga: Susu harus segera diminum setelah dituang ke gelas 

Kegiatan "Minum Susu Bareng Pak Wali" dirangkaikan dengan Kampanye Sekolah Sehat, Deklarasi Sekolah Ramah Anak, Pemberian ATK (alat tulis) Siswa Miskin, dan Pemberian Insentif Pendidik PAUD.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang Imam Baihaqi menambahkan, kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Kota Magelang.

"Tujuannya agar anak-anak sekolah tumbuh sehat," katanya.

Sasaran gerakan adalah siswa PAUD, TK, dan kelas 1 atau usia 2-8 tahun yang merupakan usia emas di mana kebutuhan nutrisi harus tercukupi. Susu adalah makanan tambahan selain makanan dengan gizi seimbang lainnya.

"Nantinya, setiap hari akan ada sekolah yang diberikan susu untuk diberikan kepada siswanya. Sekaligus meningkatkan kesadaran orangtua. Seandainya program ini terputus, orangtua akan tetap memberi makanan yang bergizi pada anak. Khususnya susu," terangnya.

Imam memastikan susu yang dibagikan adalah susu murni berkualitas yang diambil dari peternak di Kabupaten Boyolali dan sekitarnya.

Baca juga: Pakar sebut minum susu bisa tingkatkan imun tubuh

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023