Imbauan khusus netralitas ini adalah komitmen sekaligus pesan penting kami kepada seluruh jajaran anggota Polri di seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memantau pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024 pada hari pertama masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di wilayah Jawa Barat.

Anggota Kompolnas dari unsur kepolisian Irjen Pol. (Purn) Pudji Hartanto Iskandar dalam keterangannya, Selasa, mengatakan wilayah Jawa Barat daerah pertama yang kunjungi karena menjadi perhatian khusus mengingat populasi penduduk dan pemilih Pemilu 2024 cukup besar dari seluruh wilayah Indonesia, sehingga punya potensi kerawanan.

“Hari pertama kampanye Pemilu 2024 menjadi penting bagi Kompolnas ikut melakukan giat pemantauan persiapan satuan wilayah Polri,” kata Pudji.

Dalam pemantau ini, kata dia, Kompolnas juga memberikan imbauan kepada seluruh jajaran personel Polri untuk menjaga netralitasnya.

“Imbauan khusus netralitas ini adalah komitmen sekaligus pesan penting kami kepada seluruh jajaran anggota Polri di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dalam peninjauan tersebut, anggota Kompolnas RI didampingi Irwasda Polda Jawa Barat Kombes Pol. Kalingga yang menjelaskan kesiapan Polda Jawa Barat dalam melaksanakan Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Kalingga menjelaskan, bahwa Polda Jawa Barat telah menyiapkan aplikasi One Data yang terkoneksi, mengintegrasikan seluruh aplikasi yang dimiliki Polda Jabar berisikan data pemantauan cctv markas komando (mako) dengan teknologi face recognation (FR) yang terkoneksi dengan data Dukcapil.

Kemudian, pemantauan cctv jalur arteri, cctv objek wisata, cctv objek vital, pemantauan sebaran anggota lalu lintas, sebaran mobil patroli sabhara, dashboard peta wilayah hukum Polda Jabar beserta peta kerawanan kamtibmas, pemantauan sebaran bhabin dan polisi rw sampai ke tingkat desa/kelurahan.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Akhmad Wiyagus dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irwasda menyambut baik misi kunjungan kerja Tim Kompolnas dalam pelaksanaan pengawasan kesiapan Ops Mantap Brata 2023-2024 di wilayah hukum Polda Jabar.

Menurut dia, upaya ini bertujuan mewujudkan manajemen operasi yang baik dan lancar sehingga situasi kamtibmas yang kondusif bisa tercapai.

Setelah kunjungan ke Polda Jawa Barat, Tim Kompolnas melanjutkan ke Polrestabes Bandung dan Polres Purwakarta dalam rangka hal yang sama, yakni menitipkan pesan sikap profesionalisme dan netralitas dalam pelayanan masyarakat sebagaimana Surat Telegram (ST) Kapolri nomor: 1160, tertanggal 31 Mei 2023.

Kompolnas juga menyemangati personel Polri tidak lelah menjaga situasi harkamtibmas agar Indonesia tetap kondusif pada proses tahapan pemilu 2024 yang sedang berlangsung.

Mohammad Dawam, selaku Anggota Kompolnas menambahkan bahwa tugas yang diemban Polri adalah tugas mulia, yang pertama menegakkan keadilan hukum dan harkamtibmas, sebagai mandat struktur kelembagaan dibawah langsung Presiden sebagai Kepala Negara.

Serta kedua melaksanakan fungsi-fungsi pelayanan publik yang bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai mandat kelembagaan dibawah langsung Presiden selaku Kepala Pemerintahan.

“Hal itu sangat strategis demi terciptanya situasi kamtibmas proses pemilu 2024 yang aman, damai, berkualitas serta bermartabat,” kata Dawam.

Pemantauan yang dilakukan Kompolnas ini terus berlanjut dengan melakukan kunjungan ke Polres Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada Rabu (29/11).

Baca juga: Kompolnas RI minta Polda Maluku awasi Pemilu dengan baik

Baca juga: Kompolnas dukung Polri tunda proses hukum peserta Pemilu 2024


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023