Jakarta (ANTARA News) - Di hari pertama puasa, blusukan Gubernur DKI Jakarta yang biasanya berlangsung pagi dan menjelang siang, kini berganti dilakukan pada waktu  ngabuburit (menunggu saat berbuka).

Dari kantor di Balaikota DKI Jakarta, pukul 12.15 WIB Jokowi meluncur mengelilingi Tugu Monas untuk sekaligus melihat persiapan acara Monas Fair..

Jokowi tidak turun dari mobil Innova hitam bernomor polisi B 1124 BH, namun Jokowi tetap memantau persiapan bazar bulan Ramadhan tersebut.

"Tadi saya lihat juga belum siap kan untuk Monas Fairnya," kata Jokowi.

Dia pun melanjutkan perjalanannya dengan melakukan inspeksi mendadak ke kantor Kecamatan Kemayoran di Jalan Serdang Raya III, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di sana, gubernur ingin memastikan bahwa pada bulan puasa pelayanan masyarakat tidak menurun.

"Mau lihat, apakah bulan puasa ini pelayanan ikut turun," katanya.

Hanya sebentar di kantor kecamatan, Jokowi pun melanjutkan perjalanan menuju lokasi kebakaran di Jalan Kemayoran Tengah, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Dari kantor kecamatan kan dekat ke sini, jadi sekalian jalan juga," katanya.

Tidak berhenti disitu, Jokowi melanjutkan perjalanannya ke pinggiran Waduk Pluit untuk melihat perkembangan normalisasi waduk.

Jokowi menyebutkan alasannya untuk blusukan karena pekerjaannya di kantor sudah selesai. "Paling hanya tanda tangan saja dan rapat," katanya.

Dia pun mengaku sudah biasa melakukan blusukan meski tak makan. "Hari biasa juga makannya jam 3 atau jam 4 sore," katanya.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013