Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (28/11), mulai dari hari pertama masa kampanye calon presiden dan calon wakil presiden Pilpres 2024 hingga pemerintah siapkan skenario insentif bagi guru daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:


1. Jadwal kampanye perdana Anies Baswedan di Jakarta dan Jawa Barat

Calon presiden Anies Baswedan memulai kampanye perdana untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 di Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (28/11).

Berdasarkan agenda dikeluarkan sekretariat Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Anies dijadwalkan mengunjungi sejumlah lokasi di Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.


2. Ganjar ungkap tiga makna kampanye Sabang-Merauke

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan makna kampanye Ganjar-Mahfud Md yang memilih memulai dari Sabang dan Merauke.

"Pertama, terinspirasi lagu nasional dari Sabang sampai Merauke," kata Ganjar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


3. Gerindra: Prabowo-Gibran belum kampanye karena masih urus pemerintahan

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Adnan Taufiq mengatakan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum berkampanye di hari pertama masa kampanye Pilpres 2024 karena keduanya masih menjalankan tugas mereka sebagai menteri pertahanan dan wali kota Surakarta.

"Ya, memang pertama ini hari pertama kampanye, mereka juga statusnya masih ada yang menteri, ada yang wali kota; masih ada beberapa hal yang harus dibereskan di bidangnya masing-masing," kata Adnan saat kegiatan pembagian susu dan makanan gratis di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


4. Pemerintah siapkan skenario insentif bagi guru daerah 3T

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan pemerintah menyiapkan beberapa skenario untuk insentif bagi guru di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

“Soal penataan SDM sangat penting, karena pemerintah ingin Indonesiasentris ini bukan hanya pembangunan infrastrukturnya yang merata, tetapi juga pembangunan SDM-nya," kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


5. KPU cari solusi terkait kendala izin pendirian TPS luar negeri

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berupaya mencari solusi terkait kendala izin pendirian Tempat Pemungutan Suara (TPS) di luar negeri untuk Pemilu 2024.

Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (28/11), mengatakan ada beberapa negara, di mana induk negaranya seperti China, menyatakan tidak boleh ada TPS di luar premis, yakni Hong Kong dan Makau.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023