Jakarta (ANTARA) - Dua pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan Alex Rins menyoroti langkah tim pabrikan yang cukup baik dalam memperbarui sisi aerodinamika motor untuk MotoGP 2024, saat melakukan uji coba di Valencia, Spanyol.

“Saya pikir kami mendapatkan beberapa hal positif, namun kami masih harus mengubah banyak hal. Ada beberapa perubahan besar terutama di sisi aero. Namun, menurut saya, arah yang kami ambil sudah tepat,” kata Quartararo.

Lebih lanjut, pembalap Prancis itu berharap tim dan dirinya bisa mempersiapkan diri dengan baik di sesi uji coba selanjutnya di Sirkuit Sepang, Malaysia. Quartararo juga ingin berada pada kondisi fisik yang prima untuk menghadapi MotoGP tahun depan.

“Kami telah mengambil beberapa langkah, dan semoga di Sepang kami bisa berada dalam kondisi 100 persen. Selain itu, saat ini saya juga merasa baik-baik saja. Saya harus terus mengonsumsi antibiotik selama beberapa hari, tapi kini (kondisi) jauh lebih baik (dari demam tinggi),” ungkap Quartararo.

Baca juga: Quartararo pertimbangkan masa depannya di Yamaha setelah musim sulit

Sementara itu, Rins mengaku senang bisa memulai perjalanannya bersama tim pabrikan Yamaha. Ia mengatakan sudah mampu beradaptasi cepat saat berada di motor.

“Kami menguji banyak hal, hal-hal kecil mengenai pengaturan motor, terutama aerodinamika. Saya cukup senang karena saya beradaptasi cukup baik dengan motor sejak dini,” ujar Rins, yang pindah ke Yamaha dari tim LCR Honda tersebut.

Di sisi lain, Direktur Tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli mengatakan uji coba pertama di Valencia merupakan salah satu hari yang penting bagi tim. Prioritas mereka pada tes ini adalah pembaruan dari sisi aerodinamika, mesin, dan sasis.

“Secara keseluruhan ini adalah hari yang positif. Kedua pembalap melihat adanya peningkatan, dan ini menegaskan bahwa langkah kami sudah tepat,” kata Meregalli.

“Kami akan mengirimkan seluruh data ke Yamaha Motor Company di Jepang dan Yamaha Motor Racing di Italia, di mana para insinyur Yamaha akan bekerja tanpa lelah untuk mempersiapkan langkah selanjutnya untuk tes di Sepang,” ujarnya.

Baca juga: Marquez terlihat nyaman di atas motor Ducati pada tes Valencia

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023