kegiatan menanam pohon juga melibatkan warga dan  pemangku kepentingan terkait
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta gerakan menanam pohon harus terus dilakukan untuk mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, dan polusi udara.
 
"Hari ini saya bersama Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon serentak di beberapa kota, termasuk Jakarta yang dilaksanakan di Hutan Kawasan Industri Pulogadung. Ini adalah upaya bersama untuk memperbaiki kualitas udara," kata Heru usai menanam pohon bersama Presiden RI Joko Widodo di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu.
 
Heru mengatakan jajarannya akan terus mendukung langkah pemerintah pusat dalam mengantisipasi perubahan iklim.

 Selain itu, kegiatan menanam pohon juga harus melibatkan warga dan  pemangku kepentingan terkait agar bisa berkesinambungan.
 
"Seperti yang disampaikan Presiden, sekarang ini musim yang pas untuk menanam pohon. Gerakan menanam pohon harus dilakukan terus-menerus untuk penghijauan kota. Di Jakarta sendiri sudah ada 900 lebih titik yang sudah dilakukan penanaman," jelas Heru.
 
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pencanangan gerakan menanam pohon di Indonesia disesuaikan dengan datangnya musim hujan yang membantu proses pertumbuhan tanaman melalui serapan air.
 
"Gerakan ini karena memang pas musim hujan, kalau kemarin nggak kita lakukan, karena masih musim kemarau. Ini musim hujan pas Desember, akan kita lakukan di seluruh provinsi, tidak hanya di Jabodetabek," katanya.
 
Adapun kegiatan menanam pohon ini juga secara serentak diikuti sembilan kota dan kabupaten di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dengan total 22.800 pohon yang ditanam. Penanaman dilakukan di sekolah, kawasan permukiman, perkantoran, kawasan terbuka hijau, sempadan sungai, hingga turus jalan.
 
Rinciannya, pohon yang ditanam di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung sebanyak 1.320 pohon, Kepulauan Seribu sebanyak 3.000 pohon, Jakarta Utara 3.090 pohon, Jakarta Pusat 3.330 pohon, Jakarta Barat 3.210 pohon, Jakarta Timur 4.020 pohon, dan Jakarta Selatan 3.350 pohon.
 
Sementara itu, sebanyak 450 pohon juga ditanam di Kabupaten Bogor, 195 pohon ditanam di Kota Bogor, 100 pohon ditanam di Kabupaten Bekasi, 120 pohon ditanam di Kota Bekasi, 165 pohon ditanam di Kota Tangerang Selatan, 150 pohon ditanam di Kota Tangerang, 100 pohon ditanam di Kabupaten Tangerang, dan 200 pohon ditanam di Kota Depok.
Baca juga: Sambut Hari Tanam Pohon, Pemprov DKI tanam 2.000 pohon di Duren Sawit
Baca juga: Pemkot Jaksel dan BEM Universitas Indonesia tanam seribu bibit pohon
Baca juga: Pelibatan masyarakat lebih masif guna tata lingkungan berkelanjutan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023