Sehingga air meluap ke jalan raya dan permukiman warga di Dusun Krajan, dengan ketinggian air mencapai satu meter
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Banjir luapan terjadi di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), yang diakibatkan adanya sumbatan sampah pada saluran drainase saat terjadi hujan dengan intensitas sedang di wilayah tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu mengatakan banjir luapan tersebut terjadi kurang lebih pada pukul 13.00 WIB di wilayah Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon.

"Bencana banjir dilaporkan terjadi di wilayah Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, akibat saluran drainase tersumbat," kata Sadono.

Sadono menjelaskan peristiwa banjir di kawasan yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut bermula saat diguyur hujan dengan intensitas sedang kurang lebih pada pukul 11.30 WIB selama sekitar satu setengah jam.

Kemudian, lanjut Sadono, hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur wilayah Jalan Brigjen Abdul Manan tersebut menyebabkan kenaikan debit air pada aliran Sungai Baluh. Saluran drainase yang tersumbat, tidak mampu menampung debit air saat itu.

Baca juga: Khofifah minta semua pihak siapkan mitigasi El Nino dan potensi banjir

"Sehingga air meluap ke jalan raya dan permukiman warga di Dusun Krajan, dengan ketinggian air mencapai satu meter," katanya.

Ia menambahkan anjir akibat saluran drainase yang tertutup sampah tersebut menyebabkan empat rumah di wilayah Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, terdampak. BPBD Kabupaten Malang memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Ada empat rumah terdampak, dengan 14 orang terdampak. Tidak ada korban jiwa," katanya.

BPBD Kabupaten Malang bersama sejumlah pemangku kepentingan terkait saat ini melakukan pembersihan material banjir. Selain itu juga akan dilakukan pembersihan sampah pada saluran drainase yang tersumbat bersama Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) setempat.

Baca juga: Hujan deras sebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Malang
Baca juga: Banjir berdampak pada ratusan keluarga di Kabupaten Malang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023