Washington (ANTARA News) - Risalah pertemuan terakhir dewan kebijakan Federal Reserve yang dikeluarkan Rabu, menunjukkan bias yang signifikan terhadap penutupan program stimulus QE sebelum target pertengahan 2014 yang ditetapkan oleh Ketua Fed Ben Bernanke.

"Sekitar separuh" dari para peserta dalam pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 18-19 Juni berpikir bahwa program stimulus 85 miliar dolar AS per bulan harus diakhiri pada akhir tahun ini, kata risalah, lapor AFP.

Selain itu, sementara sebagian besar pembuat kebijakan bank sentral mengatakan seharusnya tetap berpegang pada kebijakan tingkat suku bunga ultra-rendah sampai 2015, empat menganggap suku bunga acuan dana federal (fed fund) harus dinaikkan pada tahun ini atau tahun berikutnya.

Tiga dari empat orang yakin FOMC perlu bertindak "relatif segera" dalam upaya menjaga kendali terhadap kemungkinan inflasi.

Namun demikian, sebagian besar yang lain merasa tekanan inflasi terkendali meskipun ada kebijakan uang longgar Fed, dan inflasi perlahan-lahan akan meningkat dan mencapai target "jangka panjang" 2,0 persen.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013