Saya menyambut antusias adanya kolaborasi ini dan semoga dapat segera direalisasikan.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Tony Blair Institute of Global Change (TBI) melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) yang berfokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) transportasi.

Kesepakatan LoI peningkatan kapasitas SDM melalui tukar pengalaman dan peningkatan kualitas pengelolaan (delivery) proyek-proyek infrastruktur transportasi itu diselenggarakan di London, Inggris pada Selasa (28/11) waktu setempat.

Penandatanganan LoI dilakukan oleh Kepala Pusat Pembiayaan Infrastruktur Transportasi Kemenhub Siti Maimunah dengan Director Legal Operations TBI Robert Cooney, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Menhub mengatakan, TBI memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengelola proyek-proyek infrastruktur, mulai dari perencanaan, menetapkan skema pembiayaan kreatif non APBN (creative financing), eksekusi proyek, pemantauan dan pengawasan, sampai dengan evaluasinya.

"Kami harap kerja sama ini dapat meningkatkan kinerja dari Tim Special Delivery Unit (SDU) di Kemenhub, yang bertugas mengkaji setiap detail proyek strategis secara matang dan mengawasi pelaksanaannya," ujar Menhub pula.

Menhub mengungkapkan, tim SDU pernah dibentuk oleh Tony Blair pada saat menjadi Perdana Menteri Inggris, dan menjadi kisah sukses yang bisa ditiru dan dikembangkan di Indonesia.

“Saya menyambut antusias adanya kolaborasi ini dan semoga dapat segera direalisasikan. Kita bisa saling bertukar pengetahuan dan berbagi pengalaman, yang akan bermanfaat bagi peningkatan kualitas SDM Indonesia dalam mengelola proyek Infrastruktur," ujarnya pula.

Ia berharap, kedua belah pihak dapat melakukan lebih banyak kerja sama di bidang transportasi yang saling menguntungkan.

Ruang lingkup dari kemitraan ini juga mencakup penyediaan tenaga ahli dan pelatihan ke berbagai sekolah kejuruan di Kemenhub.
Baca juga: Kemenhub melindungi area konservasi di Pelabuhan Molawe
Baca juga: Kemenhub sebut 29 bengkel motor listrik tersedia untuk tekan polusi

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023