Painan (ANTARA) - Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memiliki belasan spot menyelam yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar di Painan, Rabu, mengatakan ada sekitar 30 pulau kecil di KWBT Mandeh. Belasan spot menyelam tersebar di sekitar pulau-pulau tersebut.

Menurut dia salah satu spot menyelam yang memesona adalah lokasi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) dari MV Boelongan Nederland.

Kapal milik Belanda yang dibuat tahun 1915 itu tenggelam diserang tentara Jepang saat Perang Dunia II pada awal tahun 1942.

BMKT MV Boelongan Nederland itu sudah menjadi terumbu karang, tempat berdiam beragam biota laut seperti penyu, dan gerombolan ikan hias nan cantik.

Baca juga: Kemendikbudristek gelar Festival Alek Mandeh bahas budaya matrilineal

Baca juga: KKP kibarkan bendera merah putih di bawah laut Mandeh Sumatera Barat


"MV Boelongan ditetapkan sebagai Situs Budaya Bawah Air dan kawasan Konservasi Maritim. Dengan kedalaman sekitar 30 meter, menjadi salah satu unggulan spot penyelaman di Mandeh," katanya.

Selain itu, pesona surga bawah laut Mandeh yang paling disuka penyelam adalah berburu foto ikan hias Balong Padang (Premnas biaculeatus).

Ini merupakan ikan hias endemik di perairan Samudera Hindia. Ikan ini sangat mirip dengan ikan Badut atau Nemo.

Balong dan Nemo memiliki warna serta corak serupa. Ikan ini, satu famili anemon (ikan hidup bersimbiosis dengan anemon laut).

Bedanya pada ukuran badan. Balong lebih besar dari Nemo. Ikan Balong mencapai besar 1/2 telapak tangan orang dewasa, corak putih di perut tengah memanjang vertikal, warnanya agak kemerahan.

Baca juga: Menikmati pesona Mandeh seutuhnya dari Ujung Batu

Baca juga: Mufidah Jusuf Kalla minta Mandeh terus dijaga


Sedang ikan Nemo panjang badan sekitar 8 cm dengan corak putih di perut berupa segitiga, warnanya oranye.

Ikan hias ini, kerap dijumpai bermain di sejumlah spot selam di kawasan perairan Mandeh.

KWBT Mandeh terdiri atas banyak pulau-pulau kecil. Data Pemkab Pesisir Selatan, ada 30 pulau kecil di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Area kepulauan ini mencakup area kawasan dengan luas lebih kurang 18.000 hektar. Dengan 70 hektar merupakan kawasan bawah laut, dikelilingi 389 hektar hutan bakau, dan pantai pasir putih.
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023