Pada periode tersebut, terdapat empat perjalanan kereta api reguler dari wilayah Daop 7 Madiun dengan kapasitas 45 ribu tempat duduk
Kediri (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 7 Madiun, Jawa Timur, menyediakan sebanyak 429 ribu tiket masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan 54 perjalanan kereta api.

Pelaksana Harian Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Imanuel Setya Budi mengemukakan sesuai dengan jadwal masa angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2024 adalah 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Selama masa tersebut, disiapkan 429 ribu tiket untuk 54 perjalanan kereta api.

"Pada periode tersebut, terdapat empat perjalanan kereta api reguler dari wilayah Daop 7 Madiun dengan kapasitas 45 ribu tempat duduk. Kereta api yang melintas di Daop 7 Madiun terdapat 50 KA dengan kapasitas 384 ribu tempat duduk," kata Imanuel Setya Budi di Blitar, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengungkapkan saat ini tiket kereta api sudah mulai banyak yang terjual. Hingga kini, di wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 19 ribu tiket sudah terjual. Khusus untuk wilayah Stasiun Blitar ada 2.598 tempat duduk.

Ia mengungkapkan pemesanan paling favorit yaitu pada tanggal 26 Desember 2023 dan telah terjual 2.155 tiket dan pada 22 Desember 2023 yang telah terjual 1.809 tiket.

Jumlah tersebut, kata dia, masih terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

Baca juga: Tiket KA angkutan Natal-Tahun Baru di Daop 7 terjual 16.332 kursi

Baca juga: Daop 7 Madiun pidanakan penemper KA Turangga di perlintasan Jatipelem


Masyarakat bisa membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI, website resmi kai.id, toko swalayan, serta seluruh mitra pembelian tiket KAI. Sedangkan, khusus untuk pembelian tiket di loket stasiun, hanya tersedia untuk tiga jam sebelum keberangkatan KA (go show).

Ia menambahkan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api tersebut, dapat melakukan pemesanan tiket mulai dari H-45 hari keberangkatan. Dengan jangka waktu yang cukup panjang, masyarakat bisa lebih leluasa dalam mengatur perjalanan menggunakan kereta.

Ia juga mengajak masyarakat menggunakan kereta api baik untuk tujuan liburan, pulang kampung, maupun mobilitas lainnya.

Moda transportasi kereta api memiliki banyak keunggulan di antaranya mengutamakan keselamatan, sehat dan nyaman, tepat waktu, serta jangkauan stasiun yang luas mulai dari pusat kota hingga ke pedesaan.

"Kami mengingatkan kepada para pelanggan kereta api, supaya segera merencanakan perjalanan keberangkatan dan kepulangan. Pastikan untuk lebih teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan," kata dia.

Pihaknya menambahkan untuk perjalanan kereta api saat ini juga lebih mudah, dengan tidak perlu lagi menyertakan syarat vaksin. Hal itu juga menindaklanjuti anjuran dari pemerintah.

Selain itu, ia menambahkan masyarakat juga diimbau untuk tidak sembarangan memberitahukan kode booking tiket kereta api kepada orang lain. Hal itu sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami imbau untuk menyimpan kode booking, jangan sampai disebar atau dibagikan ke rekannya," kata dia.

Baca juga: KAI Daop 7 Madiun beri diskon 20 persen untuk tiket KA Bangunkarta

Baca juga: Daop Madiun sediakan 46.728 tiket KA saat libur Natal-Tahun Baru 2024

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023