Brussels (ANTARA News) - Anggota Parlemen Eropa (MEP) di komite kesehatan masyarakat pada Rabu (10/7) mendukung usul rancangan peraturan yang mencegah pemuda merokok dengan melarang penggunaan rasa strawberi dan rasa lain pada produk tembakau.

MEP juga meminta dipasangnya peringatan kesehatan di kedua sisi bungkus rokok, serta larangan terhadap rokok dengan lintingan ramping dan kemasan "yang menarik".

Usul tersebut menyatakan bahwa 75 persen bagian depan dan belakang kemasan rokok mesti ditutup dengan gambar dan teks peringatan kesehatan.

Usul itu telah disahkan oleh Komisi tersebut pada Desember lalu guna memperbarui instruksi saat ini mengenai produk tembakau dengan gagasan mencegah generasi muda mulai merokok, demikian laporan Xinhua.

Usul tersebut masih memerlukan pengesahan dari Parlemen dalam sidang pleno dan Dewan Uni Eropa sebelum menjadi peraturan di Uni Eropa.

Hampir sepertiga warga Uni Eropa merokok, 70 persen dari mereka mulai merokok sebelum mereka berusia 18 tahun dan 94 persen merokok sebelum mereka berusia 25 tahun.

Namun dalam satu dasawarsa belakangan, jumlah perokok telah merosot dari hampir 40 persen di Uni Eropa pada 2002 menjadi 28 persen pada 2012.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013