Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan, Aceh memaksimalkan penanganan dan pemulihan pascabanjir bandang melanda Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Rabu, mengatakan, penanganan dan pemulihan tidak hanya rekonstruksi bangunan yang rusak, tetapi juga traumatik masyarakat korban bencana alam tersebut.

"Pemkab Aceh Selatan terus memaksimalkan penanganan dan pemulihan daerah bencana banjir. Berbagai langkah strategis dilakukan untuk mempercepat pemulihan wilayah agar aktivitas masyarakat kembali normal," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Bantuan terus mengalir bagi korban banjir bandang di Aceh Selatan

Sebelumnya, banjir kiriman melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Selatan pada 15 November 2023. Sedangkan banjir bandang melanda kawasan Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, pada Senin (20/11) malam.

Menurut Cut Syazalisma, banjir kiriman dan banjir bandang tersebut menyebabkan kerusakan parah di berbagai sektor. Hampir semua rumah penduduk, rumah ibadah, bangunan sekolah di Ladang Rimba rusak parah akibat banjir bandang.

Baca juga: Jalan nasional di Aceh Selatan tergenang banjir

"Aktivitas masyarakat yang di wilayah banjir bandang lumpuh total sampai hari ini. Kami juga pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat ikut membantu memulihkan kondisi korban banjir bandang di Kabupaten Aceh Selatan," kata Cut Syazalisma.

Pj Bupati Aceh Selatan juga mengajak seluruh unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) untuk bersama-sama menangani pemulihan wilayah banjir kiriman dan banjir bandang di Ladang Rimba.

Baca juga: BNPB: 251 warga Aceh Selatan bertahan di pengungsian akibat banjir

"Kami juga mengajak seluruh jajaran Pemkab Aceh Selatan bekerja sama menangani pemulihan wilayah bencana, sehingga aktivitas masyarakat kembali normal," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan kerahkan 10 alat berat tangani banjir bandang
Baca juga: BPBD: 2.500 warga terdampak banjir bandang di Aceh Selatan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023