Kami akan bekerja sama dengan PLN untuk memasang aliran listrik menuju permukiman warga dan Pantai Bandealit.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur memperbaiki akses jalan dan penerangan menuju wisata alam Pantai Bandealit yang merupakan kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, Kepala ATR/BPN Jember Akhyar Tarfi, Sekretaris Daerah Hadi Sasmito, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan jajaran PLN Jember meninjau lokasi peningkatan jalan menuju Pantai Bandealit, Rabu.

"Hari ini kami bersama-sama sedang mengecek peningkatan jalan pada akses menuju Pantai Bandealit yang berada di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo," kata Bupati Jember Hendy Siswanto, di Pantai Bandealit.

Ia mengatakan bahwa tahun 2023, Pemkab Jember melakukan pengaspalan sepanjang 1 kilometer, kemudian sisanya hingga permukiman dan Pantai Bandealit sekitar 13 km akan dikerjakan pada tahun 2024.

"Kami akan bekerja sama dengan PLN untuk memasang aliran listrik menuju permukiman warga dan Pantai Bandealit, termasuk memberikan penerangan jalan umum (PJU), serta mengupayakan adanya saluran internet melalui Diskominfo Jember," ujarnya pula.

Hendy menjelaskan perbaikan jalan itu memang sangat diperlukan, mengingat ada ratusan warga Jember yang tinggal di kawasan Bandealit dan memerlukan perbaikan akses tersebut untuk beraktivitas.

"Ketika pengaspalan pada 2024 rampung sampai ke Pantai Bandealit, maka banyak potensi yang dapat dieksplore seperti edukasi berbasis hutan yang dapat dikembangkan melalui Taman Nasional Meru Betiri," katanya pula.

Ia juga mengimbau kepada wisatawan dan masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian hutan ketika jalan menuju kawasan wisata Pantai Bandealit sudah bagus.

"Ada juga bunga Rafflesia zollingeriana yang sangat langka yang tumbuh di kawasan TN Meru Betiri, ada juga Pantai Bandealit yang sangat menawan," ujarnya lagi.

Hendy optimistis perbaikan akses menuju kawasan wisata Pantai Bandealit itu akan membuat masyarakat Jember, Jawa Timur, dan Indonesia bahkan seluruh dunia terpukau dengan keindahan alamnya yang mempesona.

"Jika semua terjadi, berjalan dengan baik, masyarakat mendukung dan keamanan terjaga, tentu akan memajukan perekonomian dan memakmurkan masyarakat Jember," katanya lagi.

Bupati Jember bersama rombongan juga berkunjung ke SMPN 3 Tempurejo dan SDN Andongrejo 03, karena kedua sekolah itu juga akan diperbaiki pada 2024 dengan mulai memperbaiki bangunan dan penambahan paving di halaman sekolah.

Hendy juga memberikan bantuan sembako kepada sejumlah warga Bandealit, serta memberikan bantuan tas dan peralatan sekolah kepada para peserta didik di SMPN 3 Tempurejo dan SDN Andongrejo 03.
Baca juga: Seekor hiu tutul terdampar di pesisir selatan Jember
Baca juga: Bibir Pantai Karanganyar Jember kini tak lagi gulita

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023