Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI melalui Deputi Bidang Pemasaran kembali menggelar ajang penghargaan untuk para mitra resmi co-branding bertajuk “Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023” di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Rabu.

“Harapan saya, sebagai salah satu  dari Wonderful Indonesia, setiap entitas yang mendapatkan hak untuk membawa, mengusung, dan menggunakan identitas Wonderful Indonesia, tolong dapat menjaganya dengan baik agar brand equity Wonderful Indonesia tidak diluted, tentunya kualitas mitra juga akan kami jaga agar sesuai dengan brand objective kami,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, dikutip dari keterangan persnya, Rabu.

Baca juga: Sandi apresiasi kolaborasi BPS dalam penghitungan kunjungan wisatawan

Wonderful Indonesia Co-Branding Awards merupakan bentuk terima kasih, stimulus, dan apresiasi terhadap kontribusi para mitra co-branding yang berkolaborasi bersama Kemenparekraf. Kolaborasi tersebut memberikan dampak bagi shared brand equity Wonderful Indonesia dan menegaskan pentingnya penggunaan logo ini secara benar.

Dalam acara ini, ada sekitar 108 jenama yang tergabung dalam program Co-Branding Wonderful Indonesia. Jenama-jenama tersebut berasal dari kelompok pelaku usaha berbagai macam kategori bisnis, baik yang berhubungan langsung dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif maupun tidak.

Di program tersebut, mereka berkomitmen untuk memperkuat program pemasaran Kemenparekraf melalui berbagai aktivitas dengan mengusung jenama atau entitas Wonderful Indonesia.

Acara Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023 merupakan gelaran kelima kalinya yang telah berlangsung sejak tahun 2018. Program ini diharapkan mampu melahirkan dan mempertahankan semangat dari para mitra untuk mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dalam brand Wonderful Indonesia.

Jika industri pariwisata di Indonesia semakin berkembang, maka setiap pemangku kepentingan yang terlibat akan memperoleh manfaat dalam konsep ‘mutual benefit’. Para pemenang dari ajang penghargaan ini juga berhak mendapatkan badge digital yang dapat memberikan added value untuk mempromosikan jenama mereka.

“Ada 4 kategori yang diperebutkan tahun ini, di mana kami didukung oleh para dewan juri yang terdiri dari praktisi dan akademisi sesuai dengan keahliannya masing-masing,” kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI Ni Made Ayu Marthini.

Menurut laporan yang diterimanya, Kemenparekraf secara konsisten melibatkan stake holder pentahelix pariwisata, yakni akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media. Dalam melakukan penilaian di ajang penghargaan ini, Kemenparekraf menggandeng sejumlah akademisi serta praktisi media sebagai juri dan kurator.

“Kita berkewajiban menjaga identitas pariwisata dan ekonomi kreatif bangsa Indonesia dan tidak dipakai secara sembarangan,” kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, berikut daftar pemenang dalam ajang penghargaan Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023.

(Most Collaborative Brand)
1. PT Grab Teknologi Indonesia (Grab) - Juara 1
2. PT Sanghiang Perkasa (Hydrococo) - Juara 2
3. Nutrifood (W’dank) - Tie

(Most Engaging Brand)
1. PT Grab Teknologi Indonesia (Grab) - Juara 1
2. PT Nestlé Indonesia (Kitkat dan Milo) - Juara 2
3. tiket.com (tiket.com) - Juara 3

(Most Innovative Brand)
1. tiket.com (tiket.com) - Juara 1
2. PT Sekar Laut, Tbk (Finna) - Juara 2
3. KAI Wisata (KAI Wisata) - Juara 2

(Rising Star)
1. PALA Nusantara (PALA) - Juara 1
2. PT Hatten Bali, Tbk (Hatten Wine) - Juara 2
3.ATLAS (Atlas beach club) - Juara 3

Baca juga: Kemenparekraf: Tren wisata 2024 tinggalkan konsep konvensional

Baca juga: Menparekraf sebut tren pariwisata hijau mampu menarik investasi

Baca juga: Menparekraf: Kunjungan wisman ke Indonesia capai 11 juta

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023