Jakarta (ANTARA) - Real Madrid lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup C setelah menang 4-2 atas tamunya Napoli, pada pertandingan yang dimainkan di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Bagi Napoli, kekalahan itu membuat mereka menghuni posisi kedua dan akan bersaing dengan Braga pada laga terakhir fase grup untuk menentukan tim mana yang akan mendampingi Real, demikian catatan laman resmi UEFA.

Real, yang telah 14 kali menjuarai Liga Champions, sudah dipastikan melaju ke fase gugur namun memastikan posisi teratas dengan kemenangan meyakinkan atas sang juara Italia Napoli.

Giovanni Simeone membawa Napoli unggul pada fase awal pertandingan, namun Rodrygo dan Jude Bellingham dengan cepat mencetak gol balasan untuk membalikkan keadaan.

Andre-Frank Zambo Anguissa menyamakan kedudukan untuk Napoli pada awal babak kedua, namun pemain muda Real, Nico Paz, mencetak gol untuk bagi Real menggetarkan pada menit ke-84, dan Joselu menutup kemenangantuan rumah menjelang laga usai.

"Puas sekali, ini seperti mimpi. Rekan-rekan setim saya mungkin bahkan lebih bahagia daripada saya," ujar Paz seperti dikutip AFP

Napoli, yang kembali dilatih Walter Mazzarri yang baru saja kembali menjadi pelatih kepala, memainkan Giovanni Simeone sebagai pemain inti, dan dia dengan cepat mencetak gol.

Penyerang Argentina itu menyambar bola masuk dari umpan silang Giovanni di Lorenzo, dan meskipun kiper Real, Andriy Lunin, berhasil menghalau usahanya, bola itu telah melewati garis gawang.

Namun, Real menyamakan kedudukan dalam waktu cepat, dengan Brahim Diaz menggebrak pertahanan Napoli dan Rodrygo dengan brilian mengarahkan bola ke sudut atas gawang tim tamu.

Pemain Brazil tersebut mencetak dua gol pada akhir pekan untuk Real dan sedang dalam performa terbaiknya, dengan catatan enam gol dalam empat pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Real berbalik unggul melalui gol Bellingham pada menit ke- 22, saat ia menyundul bola dengan memanfaatkan umpan silang David Alaba tanpa dapat dihalau kiper Alex Meret.

Bellingham saat ini sudah mencetak empat gol Liga Champions dalam empat pertandingan untuk Real, dan total 15 gol dalam 16 penampilan musim ini, untuk menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak klub.

Baca juga: Ancelotti: Bellingham bisa cetak 20-25 gol dengan mudah musim ini
Baca juga: Napoli pecat Rudi Garcia dan rekrut kembali Walter Mazzzarri

Selanjutnya: babak kedua

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023