Lima tahun di Jakarta kemarin adalah lima tahun yang teduh, damai dan tenang
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 untuk Pemilu 2024 Anies Baswedan menjanjikan akan membawa kerukunan Jakarta yang merupakan hasil ketika dirinya masih menjadi gubernur ke tingkat internasional. 

"Lima tahun di Jakarta kemarin adalah lima tahun yang teduh, damai dan tenang. Itu karena kerja-kerja bersama yang luar biasa, bukan kerja satu orang," kata Anies saat ditemui di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Menurut Anies, bukan persoalan siapa yang memimpin Jakarta, namun gagasan persatuan apa yang bisa dikolaborasikan untuk mewujudkannya.

Anies melihat Jakarta dengan beragam suku, agama, ras, dan golongan bisa memiliki gagasan persatuan yang ditopang oleh rasa keadilan dan perlindungan untuk semua.

Sehingga negara bisa melindungi semua, karena negara memandang seluruh yang ada di Jakarta sebagai warga negara yang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan yang sama.

"Nah ini juga semangat yang akan kami bawa ke tingkat nasional dan internasional. Supaya kerukunan-kedamaian itu ditopang dengan rasa keadilan," kata Anies.

Sebaliknya, konflik pasti muncul akibat tidak adanya gagasan persatuan yang bisa dikolaborasikan. Karena untuk bisa mendapatkan gagasan tersebut membutuhkan waktu menyesuaikan prinsip-prinsip atau nilai-nilai yang diemban atau dimiliki masing-masing pihak.

Masing-masing pihak pasti berbeda prinsip-prinsip, nilai-nilai antara satu dengan yang lainnya. Makanya timbul konflik. Hendaknya penyelesaian konflik bukan dengan senjata, bukan dengan pemaksaan, namun dengan pelibatan semua pihak tadi untuk menyeimbangkan atau menyetarakan prinsip dan nilai-nilai yang dianut.

"Prinsip yang kami pegang di Jakarta adalah prinsip keadilan dan kesetaraan. Semua fasilitas yang disiapkan harus setara,  termasuk waktu itu ada program BOTI  (Bantuan Operasional Tempat Ibadah). Program itu diberikan kepada tempat ibadah semua agama, kemudian juga diberikan kepada para pekerja di rumah-rumah ibadah," kata Anies.

Kemudian mengenai eskalasi konflik antara Israel dan Palestina, Anies pun menilai bahwa akar masalah dari peningkatan tersebut adalah ketidakadilan.

Oleh karena itu, Anies mendukung pemerintah Republik Indonesia yang memperjuangkan untuk adanya penurunan ketegangan melalui berbagai perundingan.
"Lalu juga terkait dengan perayaan hari-hari besar di mana semua diberikan kesetaraan kesempatan. Ini juga semangat yang akan kami bawa supaya kerukunan kedamaian itu ditopang dengan rasa keadilan," kata Anies.
 
Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Pendeta Jason Balompapueng mengakui Anies selama  lima tahun memimpin Jakarta mampu menciptakan harmoni.

"Beliau mendapat Harmoni Award dari Kementerian Agama RI, membuktikan selama kepemimpinan beliau, Jakarta aman, damai dan berkeadilan. Dan otomatis indeks kerukunan itu demikian baik untuk Jakarta. Itu kami rasakan sebagai pemimpin agama di Jakarta," kata Jason.

Resolusi konflik melalui pelibatan semua pihak untuk berdialog tak hanya disampaikan oleh Anies tapi juga calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam acara 'Dialog di Ufuk Timur Nusantara Untuk Indonesia' di Merauke, Papua Selatan, Selasa.
 
"Semua harus dilibatkan, anak muda dilibatkan, tokoh adat dilibatkan, tokoh agama dilibatkan dan semuanya harus duduk bersama. Mendengar satu sama lain, dicari dan paling bisa disepakati," kata Ganjar.
 
Dalam konteks politik, Ganjar menjelaskan bahwa konsep konsensus, seperti yang diajarkan dalam ilmu politik menjadi kunci utama dalam upaya menjaga perdamaian.
 
"Itulah sepakat, kalau kuliah belajar ilmu politik, itu yang disebut konsensus. Kalau sudah sepakat maka semua bisa menerima, maka kita akan mengurangi, persamaan akan mengurangi rasa benci karena kita perhatian," ujarnya.

Adapun calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto belum menyampaikan ide-ide mengenai resolusi konflik karena belum mulai berkampanye. Namun dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertahanan Republik Indonesia itu juga cenderung menginginkan kedamaian lewat jalur penengah.

"Kalau memungkinkan, kalau ada. Kalau ada hasrat dari kedua belah pihak, tapi terus kita berusaha memberikan masukan yang baik," ujar Prabowo setelah pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/6) petang.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Hari ketiga kampanye, Ganjar serap aspirasi PGPI di Jakarta Utara
Baca juga: Hashim minta TKN Prabowo-Gibran sikapi soal kebocoran data KPU
Baca juga: Hari ketiga kampanye Anies dan Cak Imin lanjutkan kampanye di Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023