Yang paling penting adalah netralitas TNI yang harus dijunjung tinggi selama pelaksanaan pemilu
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah mengingatkan berbagai tugas besar menanti Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang baru saja dilantik di Jakarta, Rabu (29/11), mulai dari pengamanan pemilu hingga isu Papua.

"Tugas besar menanti, mulai dari pengamanan pemilu hingga masalah keamanan Papua. Semua itu harus dilakukan berdasarkan politik negara yang menjadi patokan dan doktrin TNI," kata Rizki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia juga menekankan pentingnya Jenderal Maruli mengawal netralitas TNI AD di tengah momentum tahun politik jelang Pemilu 2024.

"Yang paling penting adalah netralitas TNI yang harus dijunjung tinggi selama pelaksanaan pemilu," ucapnya.

Baca juga: Kasad tak mau muruah institusi dipertaruhkan di Pemilu 2024

Baca juga: Komisi I DPR apresiasi program manunggal air Kasad


Rizki menuturkan bahwa Komisi I DPR RI selaku mitra kerja TNI siap bekerja sama dalam mengawal netralitas prajurit TNI pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Kami dari Komisi I DPR RI siap bekerja sama dengan TNI AD untuk memastikan objektivitas dan netralitas prajurit TNI demi kepentingan masyarakat Indonesia," tuturnya.

Terakhir, dia menyambut baik atas jabatan baru yang diemban oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak tersebut.

Baca juga: Luhut antusias pulang ke Jakarta saksikan pelantikan Maruli jadi Kasad

"Kami sambut baik penugasan Jenderal Maruli sebagai Kasad dan berharap bisa langsung bertugas melaksanakan seluruh tugas sebagai pucuk tertinggi di TNI AD," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kasad di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11) siang. Jokowi menunjuk menantu Luhut Binsar Pandjaitan itu sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang telah dilantik sebagai panglima TNI pada tanggal 22 November 2023.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023