Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia tetap menghuni posisi 145 dalam daftar peringkat dunia terkini FIFA yang dirilis pada Kamis (30/11).

Pada November, timnas Indonesia gagal mendulang kemenangan dalam dua pertandingan yang mereka mainkan. 

Indonesia dihantam Irak dengan skor 1-5 pada kualifikasi Piala Dunia 2026, 16 November. Dan pada laga kualifikasi berikutnya melawan Filipina, 21 November, pasukan Garuda ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah. 

Dengan hasil itu, Indonesia mendapat tambahan 16,95 poin sehingga memiliki poin total 1.069,82. Namun jumlah itu belum mampu untuk melampaui tim peringkat ke-144 Suriname yang memiliki total 1071,85 poin.

Sementara itu di sepuluh besar peringkat FIFA, Argentina masih memimpin di posisi pertama, diikuti Prancis di posisi kedua dan Inggris yang naik satu strip duduk di peringkat ketiga.

Posisi keempat dihuni oleh Belgia yang naik satu strip, sedangkan Brazil turun dua strip dan menduduki posisi kelima akibat menelan kekalahan beruntun dari Kolombia dan Argentina.

Belanda naik satu strip ke posisi keenam dan Portugal turun satu strip untuk menduduki posisi ketujuh. Sisa sepuluh besar lainnya dihuni Spanyol (posisi kedelapan), Italia (posisi kesembilan), dan Kroasia (posisi kesepuluh).

Baca juga: Shin Tae-yong tetap percaya diri Indonesia lolos ke putaran ketiga

Uruguay membuat kemajuan bagus dengan naik empat peringkat untuk menghuni posisi ke-11, namun tetap belum mampu masuk sepuluh besar.

La Celeste bukanlah satu-satunya tim yang naik peringkat dengan cukup signifikan. Selain itu terdapat tim-tim lain seperti Tunisia (posisi ke-28, naik empat strip), Ekuador (posisi ke-32, naik empat strip), Rumania (posisi ke-43, naik lima strip), Slovakia (posisi ke-45, naik lima strip), dan Yunani (posisi ke-47, naik empat strip), yang kembali masuk dalam 50 besar bersama dengan Pantai Gading (posisi ke-50, naik dua strip).

Sementara itu, Kepulauan Comoros (posisi ke-119, naik sembilan strip) menjalani bulan yang cukup baik berkat kemenangan atas Republik Afrika Tengah dan Ghana, dan mereka memiliki dua alasan untuk merayakan karena mereka kini berada di posisi 119, posisi tertinggi yang didapat Kepulauan Comoros sepanjang masa.

Kosovo (posisi ke-101, naik empat strip) mungkin tidak naik sebanyak Kepulauan Comoros, tetapi Kosovo juga kini berada di peringkat tertinggi dalam sejarah mereka.

Baca juga: Indonesia petik poin perdana setelah imbangi Filipina 1-1
Baca juga: Harapan itu masih ada, Garuda!
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023