Penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung
Jakarta (ANTARA) - .Banjir di Kampung Melayu mengakibatkan 31 orang harus mengungsi ke Masjid Jami Ihtihadul Ikhwan, kelurahan setempat, Kamis.

Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Michael Sitanggang mengatakan berdasarkan data terbaru  pukul 15.00 WIB, sebanyak 21 RT di Kelurahan Kampung Melayu terendam banjir dengan ketinggian 30-165 sentimeter.

"Penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung," kata Michael dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, sejumlah wilayah lainnya di DKI Jakarta juga dilaporkan tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sejak Rabu (29/11).

Hujan menyebabkan status Bendung Katulampa ditingkatkan menjadi siaga 2  pada Rabu (29/11) pukul 20.10 WIB, Pos Depok siaga 2  pada Rabu (29/11) pukul 23.00 WIB, Pos Pesanggrahan siaga 3 (waspada) pada Kamis pukul 01.00 WIB, Pos Angke Hulu siaga 3 (waspada) pada Kamis pukul 04.00 WIB, dan Pintu Air Manggarai siaga 3 (waspada) pada Kamis pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan data terbaru pada Kamis pukul 15.00 WIB, sebanyak 57 RT atau 0,19 persen dari 30.772 RT di wilayah DKI Jakarta masih tergenang.

Rinciannya, delapan RT di Jakarta Selatan yang terdiri dari satu RT di Kelurahan Pondok Pinang, satu RT di Kelurahan Rawajati, dan enam RT di Kelurahan Pejaten Timur.

Kemudian, 49 RT di Jakarta Timur, yang terdiri dari 10 RT di Kelurahan Bidara Cina, 21 RT di Kelurahan Kampung Melayu, dua RT di Kelurahan Balekambang, tujuh RT di Kelurahan Cawang, dan sembilan RT di Kelurahan Cililitan.

BPBD DKI juga mencatat ada satu orang yang mengungsi di Gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) RW 011 Kelurahan Bidara Cina.

Sedangkan wilayah yang sudah surut adalah 11 RT di Kelurahan Rawajati, dua RT di Kelurahan Kampung Melayu, tujuh RT di Kelurahan Cawang, dan dua RT di Kelurahan Tanjung Barat.
Baca juga: BPBD: Genangan di DKI bertambah menjadi 69 RT dan satu orang mengungsi
Baca juga: Sebanyak 45 RT di Jakarta tergenang akibat hujan lebat
Baca juga: Kali Ciliwung meluap, permukiman Kebon Pala kembali kebanjiran


Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023