Tangerang (ANTARA) - Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana menyebutkan bahwa Medan, Sumatera Utara dan Denpasar, Bali hingga Makassar, Sulawesi Selatan menjadi rute favorit penumpang penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Berdasarkan proyeksi kami, pada periode Nataru ini rute tujuan favorit penerbangan domestik adalah ke Medan, Sumatera Utara dan Makassar, Sulawesi Selatan," kata Dwi di Tangerang, Kamis.

Menurutnya, selama masa puncak arus mudik Nataru terdapat sejumlah rute penerbangan domestik yang paling banyak dikunjungi masyarakat diantaranya seperti tujuan Bandara Silangit di Siborong-borong, Bandara Kuala Namu di Medan, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

Rute penerbangan itu didapat berdasarkan banyaknya jumlah penumpang yang berangkat melalui Terminal Bandara Soetta.

"Selebihnya para penumpang tujuannya itu adalah ke daerah-daerah yang memiliki destinasi wisata," ujarnya.

Kemudian ia menerangkan, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan tiga bandara tersebut menjadi tujuan favorit para penumpang libur Nataru. Mulai dari menjalani aktivitas mudik atau pulang ke kampung halaman, hingga berlibur ke destinasi wisata bersama keluarga.

"Selain masyarakat yang merayakan Hari Raya Natal 2023, peningkatan penumpang terjadi karena masyarakat yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anak mereka," katanya.

Dwi dalam hal ini tidak memaparkan lebih detail data jumlah penumpang yang diprediksikan akan memilih rute favorit selama masa libur Nataru tersebut.

Akan tetapi, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai 135 ribu hingga 170 ribu orang untuk setiap harinya.

"Kalau untuk penerbangan internasional belum terlihat lonjakan penumpang yang signifikan, tapi kalau rute domestik sudah diminta tambahan penerbangannya dari pihak maskapai yang mencapai 343 extra flight," ungkap dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023