Qinzhou (ANTARA) - Berawal dari sebuah desa nelayan kecil pada 1992, Pelabuhan Qinzhou di Guangxi, China selatan, kini menjelma menjadi sebuah pusat penting internasional modern di sepanjang Koridor Perdagangan Darat-Laut Internasional Baru setelah 30 tahun masa pembangunan.

Terminal peti kemas terotomatisasi untuk layanan antarmoda kereta-laut telah dibangun di Pelabuhan Qinzhou, bersamaan dengan klaster industri yang berkembang pesat di seksi Pelabuhan Qinzhou di Zona Perdagangan Bebas Percontohan China.

Berikut ini sekilas kesibukan Pelabuhan Qinzhou yang terekam lensa kamera:
 
Foto kombinasi yang diambil dari udara ini memperlihatkan Pelabuhan Qinzhou di Qinzhou, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China, pada 23 Oktober 2015 (atas) dan pada 13 September 2022. (Xinhua/Zhang Ailin)

Foto yang diambil dari udara pada 24 November 2023 ini menunjukkan sebuah kapal tengah membongkar muatan di Pelabuhan Qinzhou di Qinzhou, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China. (Xinhua/Zhang Ailin)
 
Foto dari udara yang diabadikan pada 24 November 2023 ini memperlihatkan dermaga batu bara Pelabuhan Qinzhou di Kota Qinzhou, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China. (Xinhua/Zhang Ailin)
 
Foto dari udara yang diabadikan pada 24 November 2023 ini menunjukkan sebuah kapal kontainer menuju dermaga di Pelabuhan Qinzhou di Kota Qinzhou, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China. (Xinhua/Zhang Ailin)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023