Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan lima besar negara penyumbang kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, yaitu Australia, Malaysia, Singapura, India, dan Inggris sepanjang tahun ini.

Dari kelima peringkat negara teratas tersebut, India dinilai sangat kuat sehingga Indonesia harus bersiap menambah jumlah promosi dan penerbangan langsung untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan asal negara tersebut.

Baca juga: Menparekraf: Kunjungan wisman ke Indonesia capai 11 juta

"Amerika juga ada di 10 besar, sedangkan Tiongkok terlempar dari 10 besar. Jadi yang menjadi evaluasi kami bahwa India sangat kuat dan kami harus tambah jumlah promosi dan penerbangan langsung sehingga pariwisata yang kami harapkan untuk kebangkitan pada 2024 yaitu sebanyak 14 juta bisa lebih berkualitas dan berkelanjutan," papar Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis.

Menurut Sandi, target kunjungan wisatawan asing pada tahun ini telah terlampaui hampir di atas 50 persen dari total target awal yaitu sebanyak 7,4 juta orang.

"Sekarang kami mengarah ke 11 juta. Untuk destinasi favorit masih sebesar 50 persen ke Pulau Bali. Tetapi sekarang sudah mulai tersebar ke Jakarta, Kepulauan Riau, maupun lima Destinasi Super Prioritas Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang," ujar Sandi.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sandi juga sempat membahas mengenai kontribusi signifikan dari gelaran Piala Dunia U-17 terhadap pariwisata di Tanah Air. Menurut dia, saat ini sudah terlihat jelas bahwa jumlah penonton Piala Dunia U-17 total mendekati angka 400 ribu atau lebih.

"Ini menggembirakan karena di atas target kami. Partai final kami harapkan jadi puncaknya dan kami bersyukur dampak dari total target yang kami sampaikan yaitu kunjungan 5 ribu sampai 10 ribu wisatawan tercapai dengan target total kontribusi sekitar 50 sampai 75 juta dolar," kata Sandi menutup penjelasan.

Baca juga: Menteri Sandiaga soal pneumonia: Kami terus pantau dan koordinasi

Baca juga: Menparekraf lantik pejabat pimpinan tinggi pratama

Baca juga: Menparekraf apresiasi hadirnya 6 produk lokal di Lazada Fest 12.12

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023