Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) menargetkan penempatan 10.000 tenaga kerja terampil dan profesional ke luar negeri pada tahun 2024.

"Apjati pada tahun 2024 memiliki target menempatkan 10.000 tenaga kerja terampil dan profesional ke luar negeri," kata Ketua Umum Apjati Ayub Basalamah dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pada acara pelepasan Cabin Crew Indonesia untuk Saudi Airlines, ia mengapresiasi Binawan Group yang menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia yang fokus dan berkomitmen untuk menempatkan tenaga terampil dan profesional.

Baca juga: Apjati sebut Uni Emirat Arab butuhkan 1.500 pekerja asal NTB

"Saya lihat dari wajah para cabin crew yang akan ditempatkan, Insya Allah mereka adalah anak-anak yang mampu untuk bekerja dengan baik dan membawa nama baik Bangsa Indonesia," tuturnya.

CEO of Binawan Group Said Saleh Alwaini mengatakan pihaknya akan terus berupaya mendukung program Apjati.

Ia menyampaikan bahwa pada 2023, Binawan telah menempatkan 140 tenaga terampil dan profesional untuk menjadi cabin crew di maskapai Saudi Airlines.

"Dengan memanfaatkan bonus demografi Indonesia, Binawan juga terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui Binawan Training Center untuk bisa bersaing di kancah global," kata Said yang juga pengurus Apjati.

Baca juga: Apjati dorong penyiapan pekerja migran terampil

Sementara itu, Director of Commercial Binawan Inti Utama Fariz Amry mengatakan pihaknya selalu memberikan pendampingan bagi para tenaga kerja Indonesia yang ditempatkan mulai dari proses pendaftaran, pelatihan, penempatan sampai keberangkatan ke negara tujuan, bahkan sampai pemulangannya ke Tanah Air.

"Para pekerja Indonesia sebagai duta bangsa juga diharapkan menjaga nama baik dan aktif mempromosikan Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, permintaan cabin crew untuk maskapai Arab Saudi mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal ini sejalan dengan ambisi Arab Saudi dalam pencapaian visi 2030 untuk meningkatkan sektor pariwisata, termasuk sektor penerbangan.

Baca juga: Apjati minta pembangunan SDM unggul perhatikan pekerja migran

"Saudara-saudara semua memiliki peran penting untuk mendukung visi Arab Saudi tersebut," kata Menaker Ida.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023