Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanudddin menerima penghargaan dari UI GreenMetric (UIGM) World University Rankings 2023 sebagai kampus paling berkelanjutan di Indonesia Timur.

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc, dalam keterangannya di Makassar, Jumat, menyampaikan ungkapan rasa senang dan apresiasi tinggi kepada tim Unhas yang terlibat dalam mendorong pembangunan Unhas berkelanjutan.

Menurut dia dengan penghargaan ini akan menjadi semangat bagi perguruan tinggi lainnya dan menegaskan komitmen keterlibatan kampus bagian timur Indonesia.

“Secara berkelanjutan, Unhas terus mengoptimalkan keterlibatannya dalam berbagai bidang sebagai penegasan komitmen untuk masyarakat. Ini akan menjadi semangat dan contoh bagi perguruan tinggi lainnya di bagian timur dan Indonesia secara umum,” jelas Prof JJ pada malam pengumuman dan penganugerahan UIGM se-Indonesia di Makassar.

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan penghargaan tersebut sebagai penyemangat untuk melaksanakan beberapa program yang telah direncanakan guna mendukung kampus hijau berkelanjutan dan infrastruktur kampus yang ramah lingkungan.

Sejak 2010, Universitas Indonesia (UI) melakukan pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings (http://greenmetric.ui.ac.id/). Hal ini merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus.

UI GreenMetric yang merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus. Pemeringkatan ini mengevaluasi kondisi dan kebijakan terkait dengan program dan kebijakan terkait keberlanjutan pada universitas seluruh dunia

Penyelenggara “Malam Pengumuman dan Penganugerahan UIGM se-Indonesia” yang digelar di Unhas diikuti oleh 145 perguruan tinggi Indonesia. Secara umum, UIGM melibatkan 1.051 Universitas dari 86 negara.

Baca juga: Rektor Unhas dianugerahi Sarwono Memorial Lecture 2023 dari BRIN

Baca juga: Unhas raih penghargaan Indonesia's SDGS Action Awards Bappenas

Baca juga: Unhas raih dua penghargaan ajang Anugerah Humas Diktiristek

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023