Mudah-mudahan melalui kegiatan job fair ini, pencari kerja mendapatkan kesempatan untuk diterima di berbagai usaha-usaha yang ada di Kota Cimahi
Kota Cimahi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat, menggelar bursa kerja (job fair) dengan menyediakan 994 lowongan kerja yang diikuti sebanyak 20 perusahaan guna menurunkan angka pengangguran terbuka di kota itu.

 

“Mudah-mudahan melalui kegiatan job fair ini, pencari kerja mendapatkan kesempatan untuk diterima di berbagai usaha-usaha yang ada di Kota Cimahi,” kata Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan di Cimahi, Jumat.

 

Dikdik mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan sisi suplai yaitu pencari kerja dan sisi permintaan atau pemberi kerja untuk dapat bertemu secara langsung tanpa perantara.

 

“Saya berharap perusahaan yang hadir di kegiatan kali ini cukup bisa merasakan kontribusitenaga kerja kita di Kota Cimahi, sehingga mereka dapat berusaha dan berkembang,” kata dia.

 

Adapun bursa kerja yang digelar oleh pemerintah kota ini bertempat di Cimahi Technopark pada 1-2 Desember 2023 yang berlangsung terbuka untuk umum dan gratis.

 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat (Jabar), tingkat pengangguran terbuka Kota Cimahi per Agustus 2023 sebesar 10,52 persen.

 

Oleh karena itu, ia berharap melalui kegiatan bursa kerja kali ini dapat menurunkan angka penangguran di Kota Cimahi dengan membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan.

 

“Untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka ini berbagai cara sudah kita lalukan, antara lain dengan menghadirkan para investor untuk bisa berinvestasi di Kota Cimahi dan itu mudah-mudahan menjadi hal yang dapat kita realisasikan,” katanya.

 

Selain itu, kata dia, Pemkot Cimahi juga telah menyediakan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk mendukung kualitas sumber daya manusia (SDM) agar dapat lebih ditingkatkan.

 

“Program pelatihan ini bertujuan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia yang pada akhirnya akan menjadi bekal bagi para pencari kerja kita untuk bisa menempati lapangan pekerjaan yang ada,” katanya.

Baca juga: BPBD Kota Cimahi salurkan 600.000 liter air selama musim kemarau

Baca juga: Bey Machmudin: Pj Walkot Cimahi baru dilantik 22 Oktober 2023


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023