hanya tersisa dua kelurahan yang belum meminta permohonan bantuan air bersih
Kota Cimahi (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Jawa Barat, telah mendistribusikan air bersih sebanyak 600.000 liter lebih untuk 13 kelurahan yang tersebar pada tiga kecamatan akibat kekeringan yang melanda daerah itu selama musim kemarau.

“Jadi hampir semua kelurahan, dari total 15 kelurahan hanya tersisa dua kelurahan yang belum meminta permohonan bantuan air bersih,” kata Kepala Pelaksana BPBD Cimahi, Fithriandy Kurniawan di Kota Cimahi, Jawa Barat, Jumat.

Ia mengatakan bantuan air bersih yang telah didistribusikan itu ditujukan bagi 13.445 jiwa penerima manfaat.

Krisis air bersih yang dialami masyarakat itu sejak ditetapkan status darurat kekeringan pada 25 Juli 2023.

“Tidak menutup kemungkinan nanti satu hari atau dua hari ke depan akan bertambah lagi permintaan untuk pendistribusian air bersih,” katanya.

Baca juga: BPBD Kabupaten Bandung salurkan 1,3 juta liter air bersih ke 51 desa
Baca juga: Warga Bandung Barat terdampak kekeringan menerima bantuan air bersih 


BPBD Kota Cimahi setiap hari melayani masyarakat yang membutuhkan air bersih untuk minum hingga untuk mandi, cuci dan kakus (MCK).

“Penggunaan sebetulnya lebih utama kepada kebutuhan pokok seperti memasak dan minum,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Logistik BPBD Kota Cimahi, Rohmat mengimbau kepada masyarakat untuk bijak dan berhemat dalam memanfaatkan penggunaan air untuk mencukupi dalam situasi kekeringan ini yang terjadi di wilayah Kota Cimahi.

“Ini tentunya harus berhemat air, saya sampaikan bahwa saat ini belum memasuki musim penghujan dan diprediksi sampai dengan akhir Oktober atau awal November,” kata dia.

Dia menjelaskan hingga saat ini pihaknya selalu dibantu oleh berbagai unsur dalam pendistribusian air bersih ke 30 titik yang tersebar di Kota Cimahi.

“Untuk membantu pendistribusian air bersih melalui tim reaksi cepat BPBD Kota Cimahi selalu didukung oleh TNI, Polri, Palang Merah Indonesia, Kejaksaan dan relawan yang lainnya,” katanya.

Baca juga: IBI Magelang bantu air bersih warga terdampak kekeringan
Baca juga: Damkar Lampung Selatan salurkan 3,795 juta liter air untuk warga
Baca juga: Pemkab Cianjur didistribusikan air ke belasan kecamatan kekeringan

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023