Kita telah mendistribusikan air bersih dari bulan Agustus sampai dengan 12 Oktober 2023 berjumlah 3,795 juta liter
Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan telah mendistribusikan bantuan sosial berupa 3,795 juta  liter air bersih kepada warga yang terdampak kemarau di dua kecamatan wilayah setempat.

"Kita telah mendistribusikan air bersih dari bulan Agustus sampai dengan 12 Oktober 2023 berjumlah 3,795 juta liter," kata Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Kamis.

Baca juga: Pemkab Cianjur didistribusikan air ke belasan kecamatan kekeringan

Ia mengatakan, dalam pendistribusian air bersih tersebut, pihaknya telah bekerja sama dengan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lampung Selatan , Sat Pol PP Lampung Selatan dan PDAM setempat.

"Kita setiap hari distribusi kan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan, dari desa satu ke desa lainnya secara bergilir," kata dia.

Kemudian, ia menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan penyaluran bantuan air bersih untuk membantu masyarakat di wilayah tersebut yang terdampak kekeringan.

Hingga saat, kata dia, pihaknya terus menerima laporan dari sejumlah warga di berbagai desa yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan untuk meminta pendistribusian bantuan air bersih.

Baca juga: BPBD: 22 kecamatan di Lebak krisis air bersih dampak kemarau 

"Kami terus menerima laporan dari masyarakat yang meminta menyalurkan bantuan air bersih," katanya.

Ia menjelaskan pihaknya merespon cepat terhadap keluhan warga yang kekurangan air bersih akibat terdampak kekeringan, dan ia memastikan bantuan air bersih tersebut diberikan secara gratis untuk masyarakat.

Rully juga mengatakan salah satu penyebab utama kekeringan di wilayah ini adalah akibat musim kemarau yang berlangsung lama.

Pasokan air bersih akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu warga yang terdampak kemarau.

"Bantuan air bersih ini sebagai bentuk kepedulian dan respon cepat Pemkab Lampung Selatan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar dia.

Apabila ada keluhan masyarakat terkait air bersih, pihaknya siap langsung mengirimkan bantuan tersebut untuk warga.

Baca juga: Menteri PUPR sebut Inpres solusi percepat akses air bersih

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023