Nantinya pengguna Commuter Line Yogyakarta yang akan naik dan turun di Stasiun Yogyakarta bisa menggunakan hall baru ini
Yogyakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter melakukan uji coba pengoperasian hall timur sebagai akses baru bagi pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta mulai Jumat (1/12) untuk menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat, mengatakan fasilitas layanan yang sebelumnya ada di sisi selatan Stasiun Yogyakarta, kini dipindah ke area hall timur.

"Nantinya pengguna Commuter Line Yogyakarta yang akan naik dan turun di Stasiun Yogyakarta bisa menggunakan hall baru ini," kata dia.

Dengan dioperasikannya hall baru di sisi timur tersebut, nantinya akses masuk-keluar dan ruang tunggu pengguna Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) di Stasiun Yogyakarta akan terpisah.

Dengan demikian, menurut dia, konsentrasi kepadatan pengguna yang menunggu keberangkatan kereta di stasiun bisa terbagi.

Pembangunan hall baru tersebut, ujar Anne, dimulai pada 18 Juli 2023 pada area seluas 528,8 meter persegi.

Sejumlah fasilitas layanan yang disiapkan KAI Commuter di hall itu antara lain loket untuk pembelian tiket, sebanyak 15 unit gate eletronik untuk proses tap masuk dan tap keluar.

"Sebelumnya di hall Selatan hanya mengoperasikan delapan unit gate eletronik," kata dia.

Anne mengatakan fasilitas penunjang layanan lainnya juga disiapkan, meliputi kursi tunggu, toilet dan mushola, serta fasilitas "charging booth" (tempat mengisi ulang daya baterai).

Untuk kenyamanan pengguna yang menunggu di area hall timur ini, KAI Commuter juga menambahkan delapan unit kipas angin dan videotron sebagai informasi pelayanan.

"Pengoperasian hall timur stasiun ini juga diharapkan bisa menjadi solusi untuk pengaturan kepadatan dan kenyamanan 'flow' pengguna Commuter Line, seiring peningkatan signifikan pada volume pengguna Commuter Line Yogyakarta yang kerap terjadi pada musim liburan," kata dia.

Menurut Anne, volume pengguna Commuter Line Yogyakarta pada akhir pekan atau hari libur tercatat sebanyak 23 - 27 ribu orang per hari, sedangkan pada hari kerja tercatat sebanyak 14-18 ribu orang.

Sementara itu, untuk volume pengguna Commuter Line Prameks tercatat sebanyak 2-3 ribu orang per hari pada akhir minggu dan sebanyak 1.500-2.300 orang per hari pada hari kerja.

"KAI Commuter berharap dengan dilakukan uji coba pengoperasian hall baru ini dapat meningkatkan layanan dan kenyamanan pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta," kata dia.

Baca juga: KA Bandara YIA Xpress tawarkan waktu tempuh lebih cepat

Baca juga: Stasiun Yogyakarta dilengkapi face recognition boarding gate

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023