Nakhon Phanom (ANTARA News) - Pihak berwenang Thailand menangkap gerombolan lintas bangsa pelaku perdagangan gelap kucing yang tengah menyiapkan penyelundupan hewan tersebut ke Vietnam.

Petugas juga menyita dari 90 kucing dari gerombolan tersebut, Kamis pagi. Kucing-kucing itu pun dibawa ke tempat perlindungan di provinsi timur laut negara itu.

Kucing itu diselundupkan ke Vietnam untuk diambil dagingnya dan diolah menjadi masakan khusus yang tak biasa.

Petugas dari kepolisian daerah setempat mengatakan, kucing itu dibawa ke pasar di Vietnam pada saat pelanggan asing menginginkan daging kucing untuk hidangan mereka.

Sodsai Ampawa, 26 tahun, dari Provinsi Buri Ram, ditangkap di Distrik Phaeng Ban.  Dalam truk pickup-nya, enam kandang plastik ditemukan dengan 90 kucing di dalamnya.

Tersangka mengaku telah disewa oleh seorang pengusaha untuk mengangkut hewan itu dari Provinsi Mahasarakham ke suatu daerah di sepanjang perbatasan Mekong Sungai Thailand dengan Laos, sebelum mereka dibawa dengan perahu untuk menyeberangi sungai dengan tujuan akhir restoran khusus makanan yang tidak biasa di Vietnam .

Menurut polisi, ini adalah pertama kalinya bahwa pengiriman kucing telah dicegat dalam perdagangan di Thailand, seperti yang dilaporkan TNA.

Otoritas Thailand akan menyelidiki lebih lanjut dan berharap untuk melakukan penangkapan pemilik usaha kucing dan pemasok mereka.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013