Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Kartikajaya berharap Liga Esports Nasional 2023 menjadi ajang pengembangan dan pembibitan atlet esports muda.

Liga Esports Nasional 2023 mempertandingkan nomor Mobile Legends: Bang Bang dan telah memasuki babak play-off. Sebanyak enam tim siap bersaing di babak play-off untuk memperebutkan gelar juara dan total hadiah sebesar 2 miliar Rupiah.

"Liga Esports Nasional 2023 yang diselenggarakan PB ESI bersama Garudaku merupakan penegasan misi kami dalam pengembangan esports secara inklusif serta memberikan peluang bagi talenta-talenta esports di seluruh penjuru tanah air untuk bersinar di panggung esports nasional," kata Wakil Ketua Harian PB ESI Kartikajaya kepada pewarta di Jakarta, Jumat.

Baca juga: PBESI resmi buka Liga Esports Nasional 2023

Kartikajaya mengharapkan gelaran turnamen ke depannya dapat menyajikan nomor-nomor gim tambahan dan memasukkan nomor gim lokal untuk mensejajarkan karya anak bangsa dengan gim internasional.

"Liga Esports Nasional diharapkan dapat menyajikan lebih banyak nomor gim, dengan memberikan tempat sejajar dengan gim lokal. Tak hanya itu, kami ingin melibatkan lebih banyak atlet dan tim agar terciptanya panggung yang lebih megah bagi seluruh komunitas esports di Indonesia," urai Kartikajaya.

Enam tim yang telah menjalani babak Liga 1 series siap bersaing memperebutkan gelar juara di babak play-off Liga Esports Nasional 2023. Keenam tim tersebut yaitu Borneo FC Esport Samarinda, Onic Miracle Jakarta Selatan, Suber 24 Samarinda, Team Gryffin Badung, Pendekar Esports dan Pajajaran Esports Bogor.

"Liga play-off ini mempertandingkan enam tim terbaik dari seleksi total 25.000 tim yang sudah berkompetisi dari Liga 3 kemarin. Tujuannya adalah Liga Esports Nasional ini tersebar, terbuka dan tertata. Intinya percepatan ekosistem esports Indonesia biar jauh lebih profesional, jauh lebih terbuka sehingga siapa aja bisa berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia," kata Ketua Panita Pelaksana Ricky Setiawan.

Sebelumnya Liga 1 series telah digelar di empat kota yakni Palembang, Pontianak, Surabaya dan Makassar. Dalam penyelenggaraan yang berlangsung di empat kota tersebut telah dihadiri oleh ribuan penggemar dengan rata-rata terdapat 3.000 penonton yang menonton langsung ke venue.

Baca juga: Liga Esports Nasional 2023 bakal digelar dalam tiga tingkatan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023