Jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota yang dikenal dengan ikon jembatan Ampera itu meningkat dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya yang paling tinggi mencapai satu juta orang
Palembang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Palembang Sumatera Selatan mencatat jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke Ibu kota Sumatra Selatan itu mencapai 1,5 juta orang lebih sepanjang 2023 ini.

"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota yang dikenal dengan ikon jembatan Ampera itu meningkat dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya yang paling tinggi mencapai satu juta orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, pihaknya berupaya mengajak warga kota setempat kreatif menciptakan tempat wisata baru yang menarik dengan memanfaatkan potensi alam, seni, budaya, dan kuliner lokal.

Guna menarik wisatawan sebanyak-banyak berkunjung ke daerah ini, selain gencar melakukan promosi pihaknya juga mengharapkan partisipasi dari masyarakat menciptakan tempat wisata baru dan bersama-sama membuat kota ini lebih menarik dan aman sehingga wisatawan nyaman berkunjung.

"Sekarang ini banyak tempat wisata yang diciptakan masyarakat baik secara berkelompok maupun perorangan, kreativitas warga kota ini akan terus diasah sehingga bisa tumbuh tempat wisata baru yang menarik," katanya.

Dia menjelaskan pula bahwa kota pempek ini memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan, seperti kawasan permukiman penduduk dengan menawarkan rumah adat untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Kawasan permukiman penduduk dan daerah aliran Sungai Musi yang potensi untuk dijadikan tempat wisata baru akan didukung.

"Dengan adanya tempat wisata yang diciptakan dan dikembangkan warga kota itu diharapkan semakin banyak objek wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan agar mereka tertarik berkunjung," kata Sulaiman.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023