Beirut (ANTARA) - Hizbullah di Lebanon pada Jumat mengaku telah menyerang gerombolan tentara  Israel dekat perbatasan Lebanon-Israel.

Hizbullah mengaku menyerang sekelompok tentara Israel dekat lokasi Ramya Israel dengan senjata yang layak dan langsung menghantam sasaran.

Serangan itu dilakukan demi mendukung rakyat Palestina yang tabah di Jalur Gaza sekaligus mendukung perlawanan penuh wira dan terhormat mereka," kata Hizbullah.

Dalam pernyataan terpisah, Hizbullah mengaku telah menyerang "tentara Israel di sekitar lokasi Jal al-Alam dengan senjata yang tepat" dan menyerang pos militer Israel di Ramim.

Baca juga: 2 tewas dan 5 luka-luka dalam serangan udara Israel di Lebanon selatan

Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan adanya bombardemen oleh Israel di berbagai wilayah selatan Lebanon.

Sebelum baku tembak terjadi, situasi di wilayah perbatasan Lebanon dan Israel tenang. Namun berubah setelah Israel melanjutkan serangan di Jalur Gaza setelah berakhirnya jeda kemanusiaan selama tujuh hari.

Ketegangan di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel meningkat setelah kontak senjata antara pasukan Israel dan Hizbullah terjadi dalam bentrok paling mematikan sejak kedua pihak terlibat perang skala penuh pada 2006.

Ketegangan di perbatasan meletus setelah serangan militer Israel di Jalur Gaza sebagai balasan atas serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober.

Baca juga: Israel alami serangan terbesar dari Lebanon sejak perang Gaza

Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023