Jakarta (ANTARA News) - Polda Sumatera Utara akan menyebarkan foto-foto narapidana yang kabur dari Lapas Tanjung Gusta, Medan, agar dapat dikenali masyarakat.

Polda juga akan melakukan pendataan ulang terhadap napi di Lapas Klas I  tersebut.

"Akan didata ulang dan akan disebarkan foto-fotonya agar masyarakat bisa membantu dalam penangkapan," kata Kabag Penerangan Satuan Mabes Polri Kombes Pol Rana S. Permana di Jakarta, Sabtu.

Pihaknya pun mengimbau kepada para napi yang masih dalam pelarian untuk segera menyerahkan diri.

Dari 212 orang napi yang melarikan diri dari Lapas Tanjung Gusta pada Kamis malam (11/7) setelah terjadi kerusuhan dan pembakaran di lapas tersebut, sebanyak 85 orang telah berhasil ditangkap.

"Info yang kami peroleh dari Polda Sumut, Jumat (12/7) pukul 21.00 diadakan apel pengecekan oleh Kalapas dan Kapolresta, jumlah tahanan yang lari 212 orang. Dari jumlah tersebut, yang berhasil diamankan 85 orang," katanya.

Ia menjelaskan, dari 85 napi tersebut, 72 orang hasil tangkapan polri dan 13 orang ditangkap anggota lapas yang terdiri dari empat orang ditangkap anggota lapas dan sembilan orang menyerahkan diri.

"Tiga belas napi tersebut diamankan di LP Anak," katanya.

Sementara dari 72 napi hasil tangkapan polri, sebanyak 24 orang dititipkan di Polresta Medan, di Polres Belawan sebanyak 41 orang, di Polres Langkat lima orang, di Polres Siantar satu orang dan di Polres Aceh Timur satu orang.

Dari puluhan napi yang berhasil ditangkap tersebut, sebanyak 46 orang terlibat kasus narkoba, lima orang kasus terorisme dan 34 orang terkait pidana umum.


Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013