benar-benar memperhatikan kwalitas vokal dan penampilan
Manado (ANTARA) - Florentino Josua (RRI Manokwari) dan Maria Puspita Dewi Sinaga (RRI Jakarta) memenangkan lomba 'Bintang Radio 2023' yang digelar di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu.

"Kami sangat bangga bisa berpartisipasi dalam pemilihan bintang radio ini, dan ini benar-benar memperhatikan kwalitas vokal dan penampilan," kata Ketua Dewan Juri, Seno M Hardjo usai lomba di kawasan Poho Kasih Mega Mas Manado.

Juri berikutnya, Ucie Nurul mengatakan 10 finalis yang bisa sampai pada tahapan grand final menggambarkan kerja keras selama mengikuti lomba ini.

"Kebetulan saya juga pernah menjadi juri di Malang, dan ternyata grand final sekarang ini tidak kalah hebatnya karena memiliki karakter kuat," ujarnya.

Baca juga: Dua Finalis BRI asal Kalbar berpotensi menang tingkat Nasional
Baca juga: Peserta Ambon lolos ke final bintang radio


Ia mengatakan, seorang penyanyi harus memiliki karakter kuat, dan ketika menyanyikan lagu orang jangan menjadi seperti penyanyi aslinya, harus ada manuver sehingga menyanyikan lagu sesuai dengan karakter sendiri.

"Kita juga mencari aura bintang, tidak hanya teknik, vokal, tapi juga sikapnya, paket lengkap. Saya lihat semua finalis membawakan lagu sesuai karakternya," ujarnya.

Florentino Josua saat di minta tanggapannya bersyukur bisa memenangkan ajang ini karena harus jatuh bangun serta terus mendapatkan dukungan dari teman dan keluarga.

"Empat kali mengikuti ajang ini bukan angka yang sedikit hingga mencapai titik ini. Harapan saya dan Maria bersama peserta Bintang Radio bisa memberi warga industri musik Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Penyanyi legendaris Daniel Sahuleka meriahkan Bintang Radio 2017
Baca juga: RRI akan gelar Bintang Radio ASEAN 2017 di Ambon


Maria memberikan apresiasi kepada Radio Republik Indonesia yang menyelenggarakan acara megah tersebut sekaligus boleh menjadi pemenang.

"Puji Tuhan bisa melewati semua rintangan dan bisa menjadi pemenang. Ini menjadi titik awal dan berharap masyarakat Indonesia bisa mencintai karya-karya saya," harap Maria.

Berikut pemenang 'Bintang Radio 2023' kategori wanita, pemenang pertama Maria Puspita Dewi Sinaga (RRI Jakarta), pemenang kedua Amira Yusmalia Julan (RRI Kendari), pemenang ketiga Rachel Sinaga (RRI Purwakarta), pemenang harapan satu Natalia (RRI Palangkaraya), pemenang harapan dua Rosi Watiting (RRI Kupang).

Kategori pria, pemenang pertama Florentino Josua (RRI Manokwari), pemenang kedua Muhamad Redoni (RRI Gorontalo), pemenang ketiga Jacky Nevo Tambajong (RRI Jakarta), pemenang harapan satu Rafael Ratumbuysang (RRI Manado) dan pemenang harapan dua M Dafa Adia Fernanda (RRI Banjarmasin).

Baca juga: Indonesia juara putra-putri bintang radio ASEAN
Baca juga: Indonesia-Malaysia jawara lomba Bintang Radio tingkat ASEAN

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023