Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan dalam sepekan yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

KPU tegaskan debat capres digelar tiga kali, cawapres dua kali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden dilakukan dengan merujuk pada Undang-undang (UU) Pemilu.

Debat Pilpres 2024 dilakukan sebanyak tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden, sesuai dengan Peraturan KPU No. 15 tahun 2023 Pasal 50 ayat (1).

"Capres itu tiga kali dan cawapres dua kali," kata anggota KPU Idham Holik saat dikonfirmasi, Sabtu.

Selengkapnya klik di sini.

Kaesang temui tokoh muslim sekaligus jubir AMIN bahas Papua

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menemui tokoh muslim di Papua Thaha Alhamid di Jayapura, Papua, Senin.

Dalam pertemuan tersebut, Kaesang dan Thaha Alhamid, yang juga merupakan juru bicara pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar itu, membahas isu-isu terkini terkini terkait masa depa Bumi Cenderawasih.

Selengkapnya klik di sini.

Sandiaga masih menunggu izin cuti kampanye dari Presiden

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa dirinya masih menunggu keluarnya izin cuti dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan kampanye di Pemilu 2024.

"Sudah mengajukan, sekarang secara administratifnya kami menunggu resminya, tetapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan kami mengikutinya,” kata Sandi saat menemui media di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin malam.

Selengkapnya klik di sini.

Parpol diminta tunjukan rekam jejak Paslon di bidang HAM, bukan gimik

Komisioner Komnas HAM Anis Hidayah meminta partai politik (parpol) seharusnya mengedukasi pemilih pemula dengan menunjukkan rekam jejak pasangan calon presiden-wakil presiden terkait hak asasi manusia (HAM), bukan justru menonjolkan gimik politik.

"Saya kira penting untuk memberikan edukasi dan pengetahuan tentang rekam jejak HAM setiap paslon kepada pemilih," kata Anis saat ditemui di Jakarta Pusat, Sabtu.

Selengkapnya klik di sini.

Presiden Jokowi dan Presiden MBZ bahas peningkatan kerja sama RI-UAE

Presiden RI Joko Widodo bertemu empat mata dengan Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Dubai, Jumat (1/12), untuk membahas peningkatan kerja sama kedua negara.

Mengawali pertemuan bilateral tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada Presiden MBZ atas terselenggaranya konferensi para pihak dalam kerangka kerja sama PBB untuk perubahan iklim (COP28) di bawah presidensi UAE.

"Selamat atas terselenggaranya COP28. Indonesia siap mendukung terobosan yang diinisiasi presidensi UAE untuk mengatasi perubahan iklim, khususnya bagi negara berkembang," kata Jokowi, seperti disampaikan dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Selengkapnya klik di sini.

Kemenpan RB dukung IIPC pacu investasi Jepang di RI

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengunjungi Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) Office in Tokyo, Jepang, Jumat (1/12).

Kunjungan dilakukan sebagai upaya memastikan pelayanan publik berjalan baik dan terus didorong responsif guna peningkatan investasi, salah satunya melalui penggunaan digitalisasi.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023