Banjarbaru (ANTARA) - Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun dan ribuan warga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar aksi damai untuk menyuarakan kemerdekaan Kota Gaza, Palestina agar terbebas dari kekejaman perang.

Ribuan masyarakat dan relawan dari berbagai elemen serta jajaran Pemerintah Kota Banjarbaru melaksanakan pawai akbar di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Kalsel, Minggu.

“Saya bangga melihat antusias yang tinggi dari masyarakat Kota Banjarbaru, meskipun cuaca sangat panas tidak menyurutkan semangat kalian. Atas nama Palestina, kami mengucapkan terima kasih,” kata Zuhair saat memberikan orasi kemanusiaan untuk dukungan kemerdekaan Palestina.

Baca juga: Dubes Palestina pastikan bantuan kemanusiaan Banjarbaru sampai ke Gaza

Dia mengungkapkan keprihatinannya, dimana kondisi Kota Gaza hancur lebur. Menurutnya, suara kemerdekaan dari Indonesia sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi Palestina seperti sebelumnya.

“Saya harus jujur mengungkapkan isi hati ini, saya terharu melihat aksi solidaritas hari ini. Aksi damai ini sangat berarti bagi warga korban perang di Palestina,” ujar Dubes Palestina.

Pantauan ANTARA, terlihat ribuan warga menggunakan atribut untuk mendukung kemerdekaan Palestina, mulai dari bendera syal maupun stiker. Anak-anak hingga orang tua begitu antusias menyuarakan dukungan kemerdekaan untuk Palestina.

Peserta aksi damai memulai kegiatan dengan melaksanakan pawai akbar, dilanjutkan dengan orasi kebangsaan di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Pada kesempatan itu, Dubes Palestina menyampaikan orasi kemanusiaan. Bantuan kemanusiaan bernilai ratusan juta rupiah juga diterima dari para donatur di kota itu untuk disalurkan kepada warga Kota Gaza yang terdampak perang.

Baca juga: Ratusan relawan lintas agama aksi damai bela Palestina di Natuna

Baca juga: Warga Palestina hidup dalam ketakutan saat Israel kembali gempur Gaza


Dubes Palestina hadir di Kalimantan Selatan untuk mengikuti sembilan rangkaian kegiatan pada Minggu (3/12), pada pagi hari hingga sore hari di Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin bersama Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah dan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Banjarbaru menerima kehadiran Zuhair Al-Shun di Terminal Kedatangan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Sabtu (2/12).

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023