Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka blusukan ke Pasar Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta, Minggu, membagikan susu kepada anak-anak, kemudian berkeliling dan bertemu dengan pedagang pasar.

Dia berkeliling selama kurang lebih 30 menit, berbelanja dan berdialog dengan beberapa pedagang, didampingi istrinya, Selvi Ananda, dan Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf.

Selepas berkeliling pasar dan membagikan susu serta buku tulis, yang merupakan salah satu program prioritas kampanye pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, ia bersama rombongan lanjut santap siang nasi Kapau di kawasan Kramat Raya, Senen, Jakarta.

“Tadi kami cek beberapa harga ya terutama cabai agak naik. Tadi kami juga belanja beberapa ini buah-buah, sayur, dan lain-lain, tetapi yang paling menonjol itu cabai ya. Cabai agak mahal di Rp95.000 (per kilogram), mungkin (karena) akhir-akhir tahun,” kata Gibran kepada wartawan selepas blusukan di Pasar Rawasari.

Dalam sesi jumpa pers itu, seorang warga yang ikut menyaksikan sesi tanya jawab dengan Gibran ikut bertanya kepada calon wakil presiden pendamping Prabowo.

“Bagaimana ini menstabilkan harga-harganya,” kata dia.

Gibran lanjut menjawab harga-harga beberapa komoditas cenderung naik menjelang akhir tahun, tetapi dia meyakinkan bahwa harga-harga kemungkinan kembali stabil pada awal 2024.

“Mudah-mudahan awal tahun sudah stabil ya,” kata Gibran.

Sementara itu, di kawasan kuliner Nasi Kapau, Senen, Gibran santap siang bersama rombongan, termasuk istrinya, Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu menyantap ayam goreng, paru, dan aneka makanan khas Sumatera Barat lainnya yang tersedia.

“Tadi habis dari CFD (hari bebas kendaraan bermotor) terus ke pasar lapar ya, kami langsung ke sini. Nasi Kapau di Senen sudah terkenal ya, tadi pesan paru, dendeng, ayam,” kata Gibran selepas santap siang.

Dia mengatakan cita rasa nasi Kapau yang ada di kawasan Senen tidak perlu diragukan lagi kelezatannya, karena area kuliner itu cukup lama populer tidak hanya bagi masyarakat di Jakarta, tetapi juga wisatawan domestik dan mancanegara.

Walaupun demikian, dia menilai ke depan perlu ada penataan kawasan kuliner Nasi Kapau di Kramat, Senen.

“Mungkin ke depan lebih banyak lagi tempat parkir, dibanyakin lagi meja kursinya, dan kalau bisa ke depan lebih banyak pedagang bisa cashless (transaksi digital/tanpa uang tunai, red.),” kata Gibran, yang saat ini juga masih aktif menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kiri) santap siang Nasi Kapau di kawasan kuliner Nasi Kapau, Kramat Raya, Senen, Jakarta, Minggu (3/12/2023), pada hari ke-6 masa kampanye Pemilihan Presiden 2024. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.


Gibran pada hari ke-6 kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) RI berkampanye di beberapa daerah di Jakarta bersama istrinya. Sejak pagi hari, Gibran membagikan susu sekaligus berolahraga di sepanjang jalan dari Hotel Sari Pan Pacific menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dia mengatakan di area CFD itu dirinya hanya membagikan susu, tanpa berkampanye apalagi meminta masyarakat yang berolahraga untuk memilih dirinya.

Dia juga mengatakan tidak ada alat peraga kampanye saat kegiatan bagi-bagi susu tersebut.

Pasal 7 Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor mengatur area CFD tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut. Dengan demikian, kawasan CFD pun tidak diperbolehkan menjadi area kampanye.

Di Jakarta, Gibran dijadwalkan melanjutkan kegiatan ke Hotel Borobudur untuk bertemu dengan Sedulur Jokowi pada pukul 14.00 WIB, kemudian blusukan di kawasan pemukiman warga di Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta pada pukul 15.30 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pilpres RI berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Pasangan Prabowo-Gibran mengaku memanfaatkan akhir pekan untuk berkampanye dan tetap bekerja seperti biasa pada hari/jam kerja, mengingat keduanya saat ini masih aktif sebagai pejabat publik, yaitu Prabowo sebagai menteri pertahanan RI dan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023