Guangzhou (ANTARA) - Presiden Kantor Berita Xinhua Fu Hua, yang juga menjabat sebagai Executive Chairman Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Media Dunia (World Media Summit/WMS), pada Sabtu (2/12) menggelar pertemuan dengan para pimpinan media internasional di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China selatan.

Para pemimpin media internasional, yakni Direktur Jenderal Kantor Berita Qatar (Qatar News Agency/QNA) Ahmed bin Saeed Al Rumaihi, Presiden sekaligus CEO Jiji Press Jepang Sakai Katsuhiko, Presiden Saudi Press Agency Fahd bin Hassan Al Aqran, Kepala Dewan Kantor Berita Pemerintah Azerbaijan (AZERTAC) Vugar Aliyev, Presiden sekaligus Editor Eksekutif Joongang Ilbo Korea Selatan Koh Hyun Kohn, berkunjung ke China untuk menghadiri WMS ke-5.

Dalam sambutannya kepada para pemimpin media tersebut, Fu menuturkan bahwa pertemuan ini merupakan forum media secara luring (offline) terbesar yang diadakan di China pascapandemi, dan juga sebuah acara akbar bagi media global.

Fu menyatakan kesiapan Xinhua untuk berfokus pada tema pertemuan, yaitu "Meningkatkan Kepercayaan Global, Mendorong Perkembangan Media" (Boosting Global Confidence, Promoting Media Development), bersama dengan para tamu media internasional, serta bersama-sama membahas bagaimana industri media global dapat mengatasi tantangan global maupun berkontribusi terhadap perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan dunia.

Ahmed bin Saeed Al Rumaihi mengatakan bahwa QNA menghargai kerja sama yang bersahabat dengan Xinhua serta bersedia memperluas kolaborasi mereka untuk bersama-sama memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan, sehingga dapat meningkatkan persahabatan antara masyarakat Qatar dan China.

Memuji kolaborasi jangka panjang dan produktif antara Jiji Press dan Xinhua, Sakai Katsuhiko mengatakan Jiji Press bersedia melakukan upaya-upaya lebih lanjut untuk meningkatkan sikap saling memahami antara masyarakat China dan Jepang, serta berkontribusi dalam menjaga perdamaian di Asia.

Fahd bin Hassan Al Aqran menyoroti peran penting China dalam urusan internasional, serta menyatakan kesediaan Saudi Press Agency dalam memperkuat pertukaran dengan Xinhua, meningkatkan kerja sama praktis di berbagai bidang untuk lebih baik melayani perkembangan hubungan kedua negara.

Sementara itu, Vugar Aliyev mengatakan bahwa hasil yang bermanfaat dapat diperoleh sejak terjalinnya kerja sama antara AZERTAC dan Xinhua 20 tahun silam, dan AZERTAC akan terus berperan aktif di bawah mekanisme WMS.

Koh Hyun Kohn, atas nama Joongang Ilbo, menyatakan harapannya untuk memperdalam pertukaran bilateral dan multilateral dengan Xinhua guna meningkatkan persahabatan antara kedua negara, dan mendorong pembangunan bersama di kawasan ini.

WMS ke-5, yang berlangsung pada 2-8 Desember di kota Guangzhou dan Kunming, berhasil menarik 450 lebih partisipan dari 101 negara dan kawasan, termasuk perwakilan dari 197 outlet media mainstream, wadah pemikir, lembaga pemerintah, misi diplomatik ke China, serta badan-badan PBB dan organisasi internasional.

Pada awal pekan ini, Fu juga bertemu dengan para pemimpin Kantor Berita TASS Rusia, Kyodo News, dan Reuters di Beijing, serta mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan para eksekutif Reuters, The Associated Press (AP), dan Agence France-Presse (AFP).

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023