Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep didampingi Sekretaris Jenderal DPP PSI Raja Juli Antoni menjenguk seorang pengamen jalanan di Kediri, Jawa Timur, bernama Agus Andriyanto yang menderita kanker lidah.

Kaesang yang juga didampingi Ketua DPD PSI Kota Kediri Ronny Siswanto menyambangi rumah Agus di Dusun Semen, Desa Datengan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Minggu.

"Kami mendapatkan laporan dari teman-teman PSI Kediri ada seorang warga yang menderita kanker lidah. Warga tersebut viral di media sosial karena memakai kaos PSI," kata Raja Juli Antoni.

Informasi itu kemudian disampaikan kepada Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. "Alhamdulillah hari ini Mas Kaesang bisa bertemu," kata Juli.

Menurut dia, kedatangan Kaesang dan pengurus DPD PSI Kediri ke kediaman Agus merupakan bentuk simpati kepada warga yang menderita kanker lidah.

"Kami juga berkomitmen akan memberikan bantuan," ujarnya.

Baca juga: Bertemu relawan, Ketum PSI: Saya Kaesang, bukan Gibran

Meski warga itu sudah memiliki BPJS Kesehatan, PSI pun akan memberikan bantuan berupa biaya transportasi ke rumah sakit atau biaya mengontrak agar lebih dekat dengan Rumah Sakit Bhayangkara Kediri.

"Teman-teman PSI Kediri akan meng-cover agar Agus mendapatkan bantuan kesehatan," kata Juli.

Saat menjenguk dan bertatap muka secara langsung dengan warga penderita kanker lidah itu, Kaesang sempat bertanya alasan Agus memakai baju PSI.

Agus menjawab jika kaos yang dipakainya itu terasa adem dan nyaman.

Baca juga: Blusukan ke Jatim, Kaesang ziarah ke makam Gus Dur di Jombang

Kaesang selama lima hari, mulai Sabtu (2/12) hingga Kamis (6/12), mengadakan blusukan ke ke-11 daerah di Jawa Timur dalam rangka kampanye Pemilu 2024. Ke-11 daerah itu, antara lain Lamongan, Tuban, Magetan, Banyuwangi, Malang, Jember, Pasuruan, dan Surabaya.​​​​​​​

Blusukan ini diharapkan menuai simpati rakyat Jatim untuk memenangkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran dan memilih PSI pada pemilu legislatif.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu 2024 untuk memilih presiden-wapres, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dilakukan serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Kaesang dititipi kain penutup makam Rasul untuk Jokowi
Baca juga: Kaesang target PSI Surabaya dapat delapan kursi di DPRD
Baca juga: Kaesang targetkan PSI raih satu kursi per dapil di DPR RI 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023