Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka membagikan tips menjaga kebugaran tubuh di tengah padatnya aktivitas berkampanye untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sambil tetap bekerja sebagai Wali Kota Surakarta.

Dia mengatakan suntik vitamin C dan blusukan ke pasar serta pemukiman warga menjadi salah satu trik yang dia terapkan agar tetap bugar mengingat padatnya kegiatan menjadikan dirinya terkadang tidak sempat berolahraga.

“Kalau saya tidak (konsumsi) jamu. Saya lebih ke (suntik) vitamin C. Saya jarang minum jamu, soalnya jarang sarapan. Kadang-kadang asam lambungnya naik,” kata Gibran menjawab pertanyaan wartawan pada sela-sela kegiatannya santap siap di kawasan kuliner Nasi Kapau di Kramat Raya, Senen, Jakarta, Minggu.

Gibran menyinggung jamu, karena ayahnya, Presiden RI Joko Widodo rutin meminum jamu, utamanya campuran temulawak dan jahe, sebagai cara agar dirinya tetap bugar di tengah kesibukan sebagai Presiden RI.

Sementara itu, untuk pengganti waktu olahraga yang hilang akibat sibuk kampanye dan beraktivitas sebagai Wali Kota Surakarta, Gibran menilai blusukan juga menjadi aktivitas fisik pengganti olahraga.

“Ya anggap saja blusukan itu sekaligus olahraga ya. Ini kan juga berkeringat. Di CFD (area bebas kendaraan bermotor, red.) tadi berkeringat, bertemu warga, jalan kaki, sudah termasuk olahraga,” kata cawapres pendamping calon presiden Prabowo Subianto itu.

Dia melanjutkan tips terakhir jangan sampai telat makan. Oleh karena itu, Gibran pun memanfaatkan waktu makan di area sekitar lokasi kampanyenya, salah satunya ke kawasan kuliner Nasi Kapau di Kramat Raya Senen, Jakarta, selepas berkegiatan di area CFD Jalan Thamrin sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan blusukan ke Pasar Rawasari di Cempaka Putih.

“Yang penting kalau pas jam makan, kita jangan telat makan, seperti ini, sambil mempromosikan kuliner lokal,” kata Gibran selepas santap siang Nasi Kapau di Kramat.

Gibran pada hari ke-6 kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) RI berkampanye di beberapa daerah di Jakarta bersama istrinya. Sejak pagi hari, Gibran membagikan susu sekaligus berolahraga di sepanjang jalan dari Hotel Sari Pan Pacific menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dia mengatakan di area CFD itu dirinya hanya membagikan susu, tanpa berkampanye apalagi meminta masyarakat yang berolahraga untuk memilih dirinya.

Dia juga mengatakan tidak ada alat peraga kampanye saat kegiatan bagi-bagi susu tersebut.

Pasal 7 Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor mengatur area CFD tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan yang bersifat menghasut. Dengan demikian, kawasan CFD pun tidak diperbolehkan menjadi area kampanye.

Di Jakarta, Gibran dijadwalkan melanjutkan kegiatan ke Hotel Borobudur untuk bertemu dengan Sedulur Jokowi pada pukul 14.00 WIB, kemudian blusukan di kawasan pemukiman warga di Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta pada pukul 15.30 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pilpres RI berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Pasangan Prabowo-Gibran mengaku memanfaatkan akhir pekan untuk berkampanye dan tetap bekerja seperti biasa pada hari/jam kerja, mengingat keduanya saat ini masih aktif sebagai pejabat publik, yaitu Prabowo sebagai menteri pertahanan RI dan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah.
Baca juga: Gibran tanggapi debat cawapres: Sama saja, tak untungkan siapa-siapa
Baca juga: Gibran blusukan ke Pasar Rawasari, lanjut makan nasi Kapau di Kramat
Baca juga: Gibran bantah lakukan kampanye di CFD Bundaran HI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023