Gianyar, Bali (ANTARA) - Bali United memutuskan untuk fokus meningkatkan kinerja tim dalam kompetisi Liga 1 Indonesia setelah memastikan kandas di fase Grup G Piala AFC.

“Kami fokus di Liga 1, kami tidak perlu memikirkan yang AFC lagi,” kata Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu.

Skuad dengan julukan Serdadu Tridatu itu saat ini fokus menghadapi Arema FC pada laga pekan ke-21 Liga Indonesia, Senin (4/12), dan laga tandang pekan ke-22 menghadapi Dewa United pada Jumat (8/12).

Alasannya, kata dia, timnya harus fokus menundukkan dua tim itu agar bisa menyumbangkan poin sehingga bisa bertahan di posisi empat besar klasemen Liga 1 Indonesia. Adapun saat ini Bali United berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan 36 poin.

Sesuai aturan baru dari operator Liga 1 Indonesia, Liga Indonesia Baru (LIB) yakni empat tim teratas di klasemen reguler akan melaju ke seri championship untuk memperebutkan trofi juara musim 2023/2034.

Sedangkan di Fase Grup G Piala AFC, Bali United berada di peringkat ketiga dengan tujuh poin.

Bali United masih menyisakan pertandingan terakhir di fase grup yakni laga keenam melawan Terengganu FC di Malaysia pada Rabu (13/12).

Meski pada laga itu Bali United menang atau nantinya memiliki 10 poin, Stefani Cugurra memastikan timnya tidak bisa lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2023/2024.

“Tidak bisa (lolos), sudah ada tim yang memiliki 12 poin, kami tidak bisa kejar,” katanya.

Baca juga: Bali United libas wakil Filipina 5-2 di Piala AFC

Untuk lolos ke babak semifinal zona ASEAN Piala AFC, tim harus menjadi juara di masing-masing grup dan satu tim lain yang berada di posisi kedua terbaik.

Adapun fase grup Asia Tenggara terdiri dari Grup F,G, dan H Piala AFC. Klub yang sudah dipastikan lolos semifinal yakni Macarthur dari Australia di Grup F, Central Coast Mariners dari Australia di Grup G, dan Sabah FC di Grup H.

Sedangkan klub posisi kedua terbaik yang berpeluang besar lolos ke semifinal zona ASEAN Piala AFC yakni Phom Penh Crown.

Tak hanya Bali United, PSM Makassar yang berada di Grup H juga dipastikan tak lolos ke semifinal zona ASEAN karena memiliki tujuh poin dan bertengger di posisi ketiga Grup H Piala AFC.

Bali United dan PSM Makassar adalah dua tim yang mewakili Indonesia di ajang kompetisi kasta kedua klub di kancah Asia, Piala AFC.

Baca juga: PSM Makassar bermain imbang lawan wakil Vietnam di Piala AFC
Baca juga: Wakil Filipina puji Bali United sebagai tim besar di fase grup AFC


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023