Siak, Riau, (ANTARA) - Pembalap Indonesia, Maulana Astnan Al Hayat dari Nusantara Cycling Team berhasil merebut jersei kuning dan hijau dari pembalap Thailand, Sakcan Phodigam dari Grant Thornton Cycling Team setelah berakhirnya dua etape Tour de Siak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Maulana Astnan juga mempertahankan jersei merah putih sebagai pembalap Indonesia terbaik pada ajang ini. Untuk jersei kuning diraihnya usai memenangkan Etape II Tour de Siak sepanjang 170 kilometer dengan rute Siak-Perawang-Siak, Minggu.

Maulana meraih jersei kuning setelah membukukan waktu tercepat dalam dua etape Tour de Siak yakni 6 jam 42 menit 4 detik. Pada urutan kedua ditempati Sakcan Phodigam dengan catatan waktu 6 jam 43 menit 11 detik.

Baca juga: Pembalap Indonesia raih kemenangan Etape II Tour de Siak

Pembalap Thailand yang juara pada Etape I itu hanya bisa meraih posisi ke-38 pada Etape II. Pada posisi ketiga ditempati pembalap Indonesia Naufal Faris Taufikul hakim dari Mula Cycling Team dengan catatan waktu terpaut 2 menit 31 detik dari Maulana Astnan.

Sementara jersei Hijau juga milik Maulana Astnan sebagai pembalap dengan poin terbanyak yakni 8 hasil sekali menang dan juara kedua. Namun poinnya itu sama dengan dua Pembalap Indonesia lainnya Muhammad Nur Fathoni dari Mula Cycling Team dan Abdul Gani dari Nusantara Cycling Team.

Pada klasifikasi pembalap Indonesia terbaik menyusul Maulana Astnan ada Naufal Faris Taufikulhakim dari Mula Cycling Team. Sedangkan posisi ketiga ditempati Jamaluddin Novardianto dari Tim BSP Siak Riau Mixed Team.

Baca juga: 13 tim dari delapan negara ikuti Balap Sepeda Tour de Siak

Namun demikian tidak ketiga jersei tersebut akan dipakai Maulana Astnan pada etape berikutnya. Dia hanya memakai jersei kuning, sementara jersei hijau dan merah putih dikenakan kepada pembalap setelahnya.

Tour de Siak Tahun 2023 ini diikuti oleh atlit-atlet perwakilan tim dari delapan negara. Di antaranya Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Fhilippines, Thailand, Vietnam, Korea, dan Singapore. Pebalapnya juga ada dari Australia, Iran, dan Perancis dengan jumlah total 13 tim yang mengikuti perlombaan.

Tahun 2023 ini dilaksanakan rute balapan menjadi 3 Etape mulai Sabtu (2/11). Etape I melewati Siak, Dayun, Mempura, Koto Gasib, Siak, dengan jarak tempuh 127 Kilometer, Etape II melewati Siak, Dayun, Koto Gasib, Perawang, Siak, dengan jarak tempuh 170 km, dan Etape III pelaksanaan Siak City Race (6 lap) dengan jarak tempuh 108 km pada Senin (4/11).

Baca juga: Pembalap Thailand Sakcan Phodigam juara etape I Tour de Siak
Baca juga: Bupati: rute Tour de Siak akan diperluas hingga ke Malaka

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023